Brilio.net - Di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, menggelar suatu acara yang menyebabkan kerumunan orang sangat tidak dianjurkan, bahkan dilarang. Hal ini bertujuan untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona yang dapat membahayakan masyarakat.

Baru-baru ini Kapolsek Kembangan Kompol Fahrul Sudiana dicopot dari jabatannya karena menggelar resepsi pernikahan di tengah wabah corona. Dilansir brilio.net dari merdeka.com, Kamis (2/4), Kompol Fahrul dicopot dari jabatannya setelah foto resepsi pernikahannya viral.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Yusri mengatakan, Fahrul dinilai melanggar Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona Covid-19 tanggal 19 Maret 2020.

"Menyangkut beredarnya foto Kapolsek Kembangan di media sosial tentang perkawinan yang digelar pada tanggal 21 Maret yang lalu, maka yang bersangkutan hasil pemeriksaan awal oleh Propam Polda Metro Jaya telah melanggar disiplin dan juga melanggar maklumat Kapolri," katanya.

Dia menyampaikan, isi Maklumat Kapolri jelas dan tegas dalam rangka menghadapi penyebaran Covid-19, agar tidak ada kegiatan masyarakat yang sifatnya mengundang massa berkumpul. Sasarannya tidak hanya berlaku untuk masyarakat saja, tapi juga untuk seluruh anggota dan keluarga Polri.

"Jadi kalau ada yang tidak menaati, maka siapa pun itu harus siap dengan segala konsekuensinya," jelas dia.

Yusri menyebut, Fahrul ditangani oleh Propam Polda Metro Jaya dan telah dicopot dari jabatan Kapolsek Kembangan.

"Berdasarkan perintah Kapolda Metro Jaya sejak hari ini yang bersangkutan dimutasikan ke Polda Metro Jaya sebagai analis kebijakan," tutupnya.

Video pernikahan viral

Video viral tersebut mulanya berasal dari unggahan seorang bernama Rio Tuasikal di Twitter. Rio mengunggah dua tangkapan layar yang membanding-bandingkan acara pernikahan.

Tangkapan layar yang pertama memuat mengenai website salah satu media online yang menuliskan mengenai resepsi pernikahan di Kampung Jengjing, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Resepsi tersebut dibubarkan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Tangkapan layar kedua memuat tentang akun Instagram @pauull_21 yang membagikan momen bahagia memperlihatkan foto mempelai pria mengenakan seragam kepolisian. Dia bersama pasangannya tengah mengikuti prosesi pedang pora. Menurut keterangan dari foto, resepsi digelar di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta.

Dalam keterangan, akun @pauull_21 menuliskan ucapan terima kasih.

"Alhamdulillah lancar terima kasih untuk Detasemen Akademi Kepolisian Angkatan 38 Setia 2006 @38setia yang telah mengantarkan prosesi pedang pora pernikahan saya. Kalian luar biasa 21.03.2020 #ricafahrullovestory," tulis @pauull_21 seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (1/4).

Dalam unggahan tersebut, Rio Tuasikal menuliskan 'Dua tipe polisi saat Covid-19'. Belakangan diketahui, sosok pengantin pria yang mengenakan seragam polisi tersebut adalah Kapolsek Kembangan, Jakarta Barat Kompol Fahul Hadiana.