Brilio.net - Video Coki Pardede saat ditangkap polisi terkait kasus narkoba sempat menjadi sorotan. Merespons hal ini, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dengan tegas memberikan peringatan pada seluruh jajarannya.

Peringatan ini disampaikan dalam rapat mingguan jajaran Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya pada Senin (6/9). Dia menekankan, untuk tetap menghormati dan menghargai siapa saja, baik itu tersangka sekali pun.

"Saya ingatkan kembali dua poin yang saya sampaikan tadi. Pertama, setelah kesimpulan ini ada penekanan saya, saya lihat video (penangkapan) kemarin viral di media sosial," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, dilansir brilio.net dari Instagram @kapoldametrojaya pada Rabu (8/9).

Kapolda Metro Jaya larang gagah-gagahan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@kapoldametrojaya

Pria lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 ini menemukan perilaku anggotanya yang menurutnya tidak etis dilakukan. "Di samping itu tidak etis, dia juga merendahkan harkat dan martabat manusia. Tidak elok dipandang oleh publik dengan narasi, dengan kalimat-kalimat yang merendahkan harkat dan martabat manusia," jelasnya.

Ia menekankan, untuk selalu mengedepankan rasa menghormati dan menghargai individu. "Siapapun dia, walaupun dia tersangka, dia tetap memiliki hak sebagai individu yang wajib kita hormati dan kita hargai," sambungnya.

Fadil juga menyinggung terkait penggunaan senjata laras panjang. "Kedua, pada saat press conference atau press release, saya minta (untuk) lebih humanis. Kalau bukan bandar (narkoba), bukan teroris, tidak perlu pakai laras panjang," lanjutnya.

Fadil juga melarang anggotanya untuk tidak lagi gagah-gagahan memakai laras panjang. "Tidak usah lagi gagah-gagahan. Acara-acara yang mempertontonkan kekerasan, yang bisa ditiru, tidak usah kayak pakai laras panjang. Tidak manusiawi itu, tidak usah," tutupnya.

Potongan video yang memperlihatkan peringatan Irjen Fadil Imran pada anggota kepolisian lainnya ini juga viral di media sosial. Termasuk video di mana Fadil berdiskusi dengan Deddy Corbuzier di YouTube.

@okiijuans99

Balas @dzakysotha Respect • ##GayaMi11Lite ##kapoldametrojaya ##polri ##fy ##cokipardede

suara asli - okiijuans