Brilio.net - Kapal tongkang yang sedang bersandar di sungai Arut, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, tiba-tiba meledak. Ledakan tongkang yang diduga bermuatan bahan kimia itu menewaskan satu pekerja.

Dilansir dari Liputan6.com, Selasa (6/7), Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kotawaringin Barat, Agus Suhartono membenarkan kejadian tersebut. "Sekitar pukul 10.15 WIB, kita menerima laporan warga tentang adanya ledakan tongkang," kata Agus pada, Senin (5/7).

Lokasi kejadian berada di sungai Arut, berdekatan dengan permukiman warga. Lokasi ledakan tepatnya berada di area PT Korindo Ariabima Sari, di Desa Mendawai, Kecamatan Arut Selatan.

Menurut Agus, saat kejadian terdapat empat pekerja di atas Tongkang. Satu orang di antaranya dinyatakan tewas, satu lainnya mengalami luka bakar dan dibawa ke rumah sakit Imamudin. Beruntung dua pekerja lainnya selamat.

Ledakan kapal Tongkang ini mengakibatkan kebakaran tipe B, sehingga pihak pemadam sempat sulit mengendalikan kobaran api. "Kita sempat kesulitan memadamkan api karena seharusnya menggunakan foam," terang Agus.

Belum diketahui pasti penyebab dari ledakan kapal Tongkang tersebut.