Brilio.net - Menjamurnya usaha-usaha baru di tengah masyarakat satu tahun belakangan merupakan cara bertahan hidup akibat pandemi. Dilarangnya bertatap muka dan berkumpul membuat bisnis berbasis digital harus segera diakomodir mengingat momentum banyak orang yang beraktivitas dari rumah.

Data Dailysocial.id menyebutkan, ada 7 sektor digital yang berkembang pesat setelah pandemi, yakni e-commerce, transportasi dan kuliner, online travel, online media, serta financial service.

Tahun ini, riset tersebut menambahkan dua lanskap bisnis baru, healthtech dan edtech. Hal inilah yang mendorong banyak perusahaan melakukan upgrade secara cepat dan berkesinambungan pada sistem teknologi mereka, untuk dapat bertahan di pasar bisnis.

Tentu sebuah peluang besar untuk segera terjun membangun bisnis bagi pemula, khususnya anak muda yang fasih dengan teknologi. Namun, perlu disadari, terutama konsep ide yang kreatif, diseimbangkan dengan perencanaan, strategi, maupun riset yang mendalam khususnya membaca kebiasaan ataupun rutinitas konsumen yang berubah drastis sejak pandemi.

Win Your Future 2021 © 2021 brilio.net

Fakta inilah yang mendasari Universitas Prasetiya Mulya kembali menggelar Win Your Future (WYF). Kegiatan tahunan ini menantang anak muda Indonesia untuk menginisiasi ide bisnis dan teknologi terkini, kreatif, serta inovatif, yang mampu menjawab tantangan di era digital

Bukan sekadar kompetisi bisnis, Win Your Future juga merupakan movement untuk para calon pebisnis muda. Di sini, mereka akan diberikan pemahaman, gambaran, dan arah yang lebih jelas untuk mulai merintis usaha di berbagai bidang.

Ajang yang mengusung tema Business in Digital Era ini membuka kesempatan bagi para siswa tingkat SMA sederajat serta mahasiswa tingkat sarjana seluruh perguruan tinggi Indonesia untuk memilih salah satu ide bisnis dari enam kategori yang dikompetisikan yaitu AgriTech, EduTech, EnergyTech, FinTech, MedTech, dan TourismTech. 

Digelar mulai Maret hingga Juni 2021, Win Your Future 2021 dirangkai dengan berbagai kegiatan. Salah satunya Inspiring Talkshow: A Guide to Make Sense of “EverythingTech” bersama para praktisi dan pebisnis muda yang sukses di bidangnya.

Calon peserta dapat mengajukan ide bisnis mereka mulai 20 Maret hingga 27 April 2021 sesuai kategori yang dipilih. Kemudian, bagi peserta yang lolos seleksi tahap 1 (administratif) akan melanjutkan langkahnya pada workshop session yang langsung dibawakan oleh praktisi bisnis sekaligus Faculty Member Universitas Prasetiya Mulya.

Win Your Future 2021 © 2021 brilio.net

Dalam sesi ini, para peserta akan diarahkan bagaimana mengembangkan ide bisnis menjadi kerangka yang lebih terstruktur, baik dari sisi marketing, finance, human resource, production, dan aspek bisnis lainnya. 

Selanjutnya, setelah para peserta mengumpulkan proposal bisnis hasil workshop session, kompetisi akan masuk ke babak eliminasi Top 30 dari masing-masing kategori peserta. Yang semakin menarik dari kompetisi ini, para peserta terpilih ini akan masuk ke tahap coaching.

Tidak main-main, sesi ini akan menghadirkan sosok pebisnis muda yang sudah sukses dengan startup mereka masing-masing. Selain dari sisi business management, para peserta pun akan mendapatkan insight menyeluruh untuk pengembangan teknologi terkini.

Menuju tahap akhir, dua tim terunggul dari masing-masing kategori diberikan mentoring khusus dari para praktisi bisnis yang kredibel. Ini semua akan bermanfaat untuk penyempurnaan proposal bisnis para peserta dan relevansinya dengan kondisi bisnis saat ini.

Proses panjang yang harus dilalui para peserta membuktikan Win Your Future 2021 merupakan ajang bergengsi yang akan mengasah kemampuan anak muda dan membuktikan kreativitas mereka dalam mengembangkan bisnis dan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan zaman.

Hal ini juga menunjukan bahwa tidak ada proses yang instan dalam bisnis. Namun di sinilah tantangan, sekaligus kesempatan emas bagi para business enthusiast untuk mewujudkan bisnis impiannya. #AyoMulaiBisnis hari ini!