Brilio.net - Usai Pilpres 2019, suasana Tanah Air masih panas. Terjadi beberapa unjuk rasa dan protes. Bahkan ada kasus yang melibatkan purnawirawan TNI. Misalnya ditangkapnya Danjen Kopassus Mayjen (Purn) Soenarko dan Pangkostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen lantaran memiliki senjata.

Usai rentetan kejadian ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang beberapa Purnawirawan TNI di Istana Merdeka, Jumat (31/5). Menurut Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Jokowi akan bertemu mantan Danjen Kopassus era Presiden Soeharto Jenderal TNI (Purn) Wijoyo Suyono, mantan Kasad Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sintong Hamonangan Panjaitan serta beberapa Purnawiran yang lain.

jokowi undang purnawirawan tni  © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

"Nanti beliau akan bertemu Pak Wijoyo Siyono, Pak Wismoyo, Pak Sintong Panjaitan, terus beserta Pak Resabin dan ketua BP angkatan darat, laut, dan udara," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (31/5).

Loading...

Pertemuan tersebut membahas beberapa hal. Salah satunya pandangan para purnawiran TNI terhadap pemerintahan saat ini. Tidak hanya itu, Jokowi dan para Purnawiran juga akan membahas situasi nasional pasca aksi 21-22 Mei.

"Ya itu, saya pikir pasti itu. pasti, dalam kaitan itu (aksi 21-22 Mei). Intinya adalah kita ingin membangun sebuah komunikasi yang baik. Mungkin kemarin-kemarin ini ada beberapa purnawirawan yang ada perbedaan-perbedaan dalam memandang pemerintahan sekarang," ungkap Moeldoko seperti dikutip dari merdeka.com.

jokowi undang purnawirawan tni  © 2019 brilio.net berbagai sumber

foto: merdeka.com

Pemerintah berharap, komunikasi dengan para Purnawirawan membuat suasana menjadi lebih baik.

"Melalui beliau-beliau ini diharapkan bisa menyampaikan berbagai hal yang bisa membawa suasana menjadi lebih baik komunikasinya antara purnawirawan yang lain dan pemerintah," ungkap Moeldoko.

Sekitar pukul 14.00 WIB Menko Polhukam Wiranto hadir bersama Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat, Letjend TNI (Purn) Kiki Sanakri, Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut, Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Udara, Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto. Terlihat juga Mantan Kasad Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sintong Hamonangan Panjaitan, dan Letjen TNI (Purn) Rais Abin

"Mau ketemu Pak Jokowi silaturahmi saja, nggak usah diributkan," kata Wiranto saat memasuki Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

RECOMMENDED BY EDITOR