Brilio.net - Gempa yang berpusat di Banten dengan kekuatan M 7.4 cukup mengejutkan warga Banten dan sekitarnya. Gempa tersebut sempat menimbulkan kepanikan warga di beberapa wilayah seperti Depok, Bandung dan Jakarta. Meski begitu, pagelaran wayang kulit di Istana Merdeka yang digelar hari ini, Jumat (2/8) tetap berjalan.

Dalam rangkaian acara yang masuk dalam bulan kemerdekaan tersebut hadir pula Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi hadir sekitar pukul 20.10 WIB dengan mengenakan jaket bomber berwarna biru dongker bersama Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Praktikno.

Sebelum menyaksikan pagelaran dan hiburan, Pratikno meminta kepada masyarakat dan tamu undangan agar berdoa sejenak untuk wilayah Banten yang terkena gempa. Mewakili Jokowi, Pratikno berharap tidak ada korban jiwa di wilayah gempa. Jokowi pun juga masih tetap memantau laporan soal gempa Banten itu.

"Kita baru saja mendengar ada kabar gempa di pantai barat, Sumedang, Banten dan Lampung. Marilah kita berdoa sejenak semoga tidak ada korban. Dan semua tertangani dengan baik dan korban di kawasan gempa tidak ada korban," kata Pratikno saat membuak acara pagelaran wayang seperti dikutip brilio.net dari merdeka.com, Jumat (2/8).

Diberitakan sebelumnya, BMKG mengeluarkan peringatan jika gempa berkekuatan magnitudo 7,4 yang mengguncang wilayah Banten tersebut berpotensi tsunami. Peringatan dini tsunami dilakukan untuk wilayah Banten, Bengkulu, Jawa Barat dan Lampung.