Brilio.net - Belum lama Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah vlog tengah berlatih tinju. Video yang dibagikan di channel YouTube-nya itu langsung viral. Jokowi mengungkap alasannya memilih olahraga bertinju tak lain untuk mencari banyak keringat.

"Saya kemarin konsultasi juga, yang keluar keringatnya yang cepat yang bagus apa? Anu Pak ada Thai Boxing, ada tinju, saya pilih tinju saja deh," kata Jokowi di alun-alun kota Lamongan, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Menurutnya jadwal kenegaraan yang padat harus diimbangi dengan olahraga rutin. Hal ini menjaga agar kesehatan tidak menurun dengan drastis.

"Masa kita itu kan setiap hari terus secara ketat mengikuti jadwal yang serius, serius, serius terus, kalau kita lupa olahraga, kesehatan kita bisa drop," terangnya dikutip Antara.

Lanjut Jokowi, olahraga jogging dan panahan yang sebelumnya digeluti juga tetap dilakukan. Olahraga lain belum akan dicobanya.

"Oleh sebab itu saya tambah terus porsinya, jogging, sepeda, panah. Saya coba tinju, sudah berapa ya? Sudah 4 bulan dan benar, 45 menit saja sudah capai dan sudah basah keringatan semuanya. Ini saja baru satu macam, nanti tiap hari hanya olah raga saja saya, itu pun seminggu hanya dua kali," ujarnya.

Diketahui, Presiden Jokowi berlatih tinju dengan pelatihnya bernama Abed yang berasal dari Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) cabang Bogor. Jokowi merasakan bahwa olahraga tinju ternyata tidak sekedar latihan bertarung. Menurut dia, di dalamnya ada pelajaran tentang kecepatan tubuh, gerak reeks, dan konsentrasi pikiran.