Brilio.net - Diketahui bahwa jenazah Emmeril Kahn Mumtadz telah ditemukan pada hari Rabu, sekitar jam 06.50 pagi waktu Swiss atau 11.50 WIB di bendungan Engehalde. Dalam keterangan pers, pihak kepolisian pun telah melakukan penyelidikan forensik atas jasad Eril. Dari pemeriksaan forensik, jasad tersebut memang benar putra sulung Gubernur Jawa Barat yang hilang di Sungai Aare pada Kamis (26/5) lalu.

Usai penemuan tersebut, pemeriksaan forensik dilakukan dan memastikan jasad yang ditemukan adalah Eril. Setelah pemeriksaan DNA, jasad Eril diserahkan kepada pihak keluarga pada Kamis (9/6) waktu Swiss. Proses pemulangan Eril akan difasilitasi oleh pemerintah. Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi proses kedatangan keluarga Ridwan Kamil dan jenazah Eril di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Provinsi Jawa Barat, Wahyu Mijaya menuturkan putra sulung Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, akan dimakamkan di pemakaman milik keluarga yang berada di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung pada Senin, 13 Juni 2022.

"Nah kemudian yang dapat kami informasikan lagi, rencananya almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga, itu di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung," ujar Wahyu dalam jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (10/6).

Adapun lahan keluarga itu merupakan lokasi yang rencananya bakal dibangun Islamic Center oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sejak tahun 2019. Lokasinya berada di Jalan Raya Pangalengan, sekitar lima kilometer dari Alun-Alun Banjaran. Kini sejumlah petugas tengah membenahi dan menyiapkan sebagian area di lahan tersebut untuk dijadikan makam bagi putra sulung Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz.

Selain itu, Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan pihaknya pun menyiapkan pengamanan untuk prosesi pemakaman Eril.

"Kami siapkan pengamanan jalur, termasuk di lokasi. Sementara ini ada 90 personel, 40 di jalur dan 50 di lokasi," kata Kusworo dilansir brilio.net dari Antaranews pada Jumat (10/6).

Wahyu juga mengatakan jika kepulangan Gubernur Ridwan Kamil dan almarhum Eril dari Kota Bern, Swiss, akan direncanakan pada hari Sabtu (11/6) dan rencananya akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6). Selain itu, lanjut Wahyu, Pemprov Jawa Barat juga belum dapat memastikan apakah setelah tiba di Indonesia jenazah Eril akan disemayamkan di Gedung Negara Pakuan atau di pemakaman.

"Kemudian setelah tiba di Indonesia, kami belum bisa memastikan juga apakah akan disemayamkan dulu di sini atau di pemakaman. Karena kita melihat waktu tibanya dulu, kalau waktu tibanya memungkinkan untuk langsung atau apakah memang juga disemayamkan di sini. Jadi kita lihat di hari besok," tambahnya.