Brilio.net - Perayaan Idul Fitri biasanya identik dengan baju baru. Menyambut hal tersebut, pada Ramadan tahun ini Banyuwangi menggelar bazar yang unik, yakni Bazar Batik. Dalam bazar ini, berbagai kain batik dijual dengan harga miring.

Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, gelaran ini sebagai bagian upaya mempromosikan batik Banyuwangi kepada masyarakat luas. Ia berharap agar batik Banyuwangi bisa menjadi bagian dari busana Idul Fitri masyarakat.

"Batik ini kan sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, maka kami ingin agar batik lebih banyak dikenakan warga, termasuk saat perayaan Idul Fitri ini," jelas Anas.

gelar bazar batik Ramadan © 2019 Istimewa

foto: merdeka.com

Selain itu, bazar batik yang baru pertama kali digelar ini juga diadakan untuk memfasilitasi para pengrajin batik menjual karya-karyanya. Diketahui, bazar batik ini digelar mulai tanggal 13-23 Mei 2019 dari pukul jam 09.00-21.00 WIB di halaman Galeri Batik Banyuwangi, Jalan Ahmad Yani.

"Kami ingin agar para pembatik ini juga mendapat berkah rezeki di bulan puasa ini, kita dorong mereka untuk menjual karyanya saat Ramadan. Sekaligus promosi bahwa di Banyuwangi telah ada pusat batik, Galeri Batik Banyuwangi," sambung Anas.

gelar bazar batik Ramadan © 2019 Istimewa

foto: merdeka.com

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sih Wahyudi menambahkan, batik yang dijual adalah batik khas Banyuwangi dengan pilihan beragam motif. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, berkisar antara Rp 85.000 Rp 100.000 per biji.

"Untuk sementara, yang kami jual adalah batik cap dan batik semi tulis dengan aneka motif asli batik Banyuwangi. Mulai dari motif Sekar Jagad Blambangan, Gajah Uling, Gedegan, Liris, hingga motif Blarak Semplah," kata Sih.

gelar bazar batik Ramadan © 2019 Istimewa

foto: merdeka.com

Ketua Paguyuban Sekar Jagad Blambangan, Firman Sauqi pun mengungkapkan bahwa ia sangat senang dengan adanya bazar tersebut. Menurutnya, hal ini akan sangat membantu promosi batik kepada masyarakat luas. "Ini ide yang menarik bagi pengrajin batik, di mana pemkab semangat mengajak masyarakat untuk mengenakan batik saat Lebaran," kata Firman.

Tak hanya menjual kain batik, Bazar Batik Ramadan juga sudah ada pakaian batik yang ready to wear serta aneka aksesori dan pernak-pernik, seperti kalung dan gelang dari monte. Firman juga menambahkan jika di bazar batik ini para pembeli dapat memesan motif tertentu.