Brilio.net - Kamu pasti familiar dengan tes mata, bukan? Bukan hanya melibatkan kejelian mata namun juga aktivitas otak sebagai pengendali persepsi apa yang kamu lihat. Nah, kali ini cobain deh, tes mata dan otak satu ini.

Tes ini sebenarnya menuntut kamu untuk menghafal dua pola setelah melihatnya, kemudian menggabungkan keduanya menjadi satu dalam pikiranmu sehingga kamu bisa menemukan huruf apakah yang terbentuk dari dua pola tersebut, sebagaimana dikutip brilio.net dari dailymail, Selasa (15/3).

BACA JUGA: Teka-teki lukisan orang di dalam atau luar ini akhirnya terpecahkan

Tantangan ini mengklaim bisa membuktikan apakah kamu memiliki memori fotografi (photographic memory) atau nggak, meskipun lebih akurat kalau tes ini disebut tes memori eidetik (eidetic memory). Memori eidetik adalah kemampuan mengingat kembali gambar dari sumber-sumber visual secara detail setelah melihatnya dalam waktu singkat.

Untuk mengikuti tes ini, kamu harus melihat pola acak dari titik-titik merah dan biru kemudian menghafalnya. Lakukan pula pada pola acak serupa yang kedua. Cek gambar berikut:

Lihat gambar ini, hafalkan!

foto: dailymail.co.uk

Lalu lihat ini dan hafalkan!

foto: dailymail.co.uk

Sudah lihat dan menghafalnya? Sekarang, bayangkan di pikiranmu kamu menyatukan keduanya.

KLIK NEXT UNTUK TAHU JAWABAN HURUF APA YANG KAMU BAYANGKAN. BENAR NGGAK BAYANGANMU DENGAN JAWABANNYA?

2 dari 2 halaman


Taraaa... inilah jawaban dari hasil kamu melihat, menghafal, dan menggabungkan kedua gambar atau pola titik-titik merah dan biru di halaman sebelumnya.

foto: dailymail.co.uk

Tahukah kamu, orang yang lolos tes memori fotografi yang dibuat oleh Playbuzz ini hanya satu persen dari populasi yang ada, lho. Kamu lolos, nggak?

Seperti yang disinggung di atas, tes ini mengklaim menguji memori fotografi, padahal tantangan memori eidetik. Dan fenomena ini paling umum terjadi pada anak usia dini. Ada sekitar 2 sampai 10 persen anak-anak dikatakan mampu mengingat kembali informasi visual hanya setelah beberapa waktu singkat memerhatikannya. Kalau kemampuan ini dibiarkan begitu saja, tanpa pengasahan, biasanya akan menghilang pada usian enam tahun.

BACA JUGA: Kamu terbukti jenius jika mampu pecahkan teka-teki di gambar ini

Memori eidetik nggak berlaku bagi orang dewasa. Pada orang dewasa berlaku memori fotografi, yaitu kemampuan mengingat kembali halaman teks setelah membaca--tapi kadang juga nggak selalu terbukti begini. Tapi... orang seperti Theodore Roosevelt, presiden Amerika Serikat ke-26 mengatakan dirinya bisa mengingat dan membaca seluruh halaman surat kabar yang dia baca. Begitu pula Leonardo da Vinci, pelukis tersohor Italia.

Hmmm... kamu sendiri gimana, Sobat Brilio?