Brilio.net - Pesta demokrasi telah tiba. Rakyat bisa memilih capres-cawapres serta anggota legislatif sejak Rabu (17/4) pukul 07.00 WIB. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki hak pilih bisa langsung mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) tempat mereka terdaftar.

Sama seperti masyarakat, calon presiden nomor urut 01 dan 02 juga mencoblos. Keduanya mencoblos di TPS yang berbeda. Prabowo Subianto mencoblos di Bogor, sementara Joko Widodo (Jokowi) mencoblos di Jakarta.

TPS tempat Jokowi mencoblos ialah di TPS 008 yang tepatnya di di pelataran kantor Lembaga Administrasi Negara di Gambir, Jakarta Pusat. Dijadwalkan, Jokowi dan Iriana Jokowi akan mencoblos di sana bersama 196 Daftar Pemilih Tetap (DPT) lainnya.

"Daftar pemilih tetap di TPS 008 ini berjumlah 198 orang, termasuk pak Jokowi dan ibu Iriana," kata Ketua KPPS 008 Hamdy Basjar, seperti dilansir brilio.net dari Antara, Rabu (17/4).

TPS tempat Jokowi mencoblos tergolong unik. Hamdy Basjar menjelaskan TPS 008 mengusung tema Betawi. Tak cuma itu, tenda TPS juga berwarna merah dan putih.

Berbeda dengan Jokowi yang mencoblos di Jakarta, Prabowo memilih mencoblos di Bogor. TPS tempat Prabowo mencoblos ialah di TPS 041 Kampung Curug RT 02 RW 09, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Prabowo dijadwalkan mencoblos sekitar pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan jadwal dari Prabowo-Sandi Media Center, sebelum mencoblos Prabowo akan salat subuh berjamaah di Masjid Nurul Wathan, Hambalang. Usai mencoblos, Prabowo akan kembali ke kediamannya di Jalan Kertanegara 4. Di sana ia akan memantau hasil hitung cepat Pemilu 2019 bersama timnya.