Brilio.net - Mencari pekerjaan bukan hal yang mudah. Bahkan bisa membuat stres, karena banyak memakan waktu dan harus sabar untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut.

Rupanya, ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh para pencari pekerjaan khususnya di Indonesia. Menurut Managing Director GrabPay Indonesia, Ongki Kurniawan, salah satu persoalan adalah kesulitan dalam berbahasa Ingris.

"Saat ini masih banyak orang yang belum lancar Bahasa Inggris. Nggak perlu bisa bahasa yang lain, cukup bahasa Inggris aja karena itu bahasa global," katanya kepada media saat konfrensi pers LinkIn Dream Job di Jakarta, Selasa (20/3).

Padahal menurutnya, lancar berbahasa Inggris itu hal yang sangat penting. Banyak sekali hal yang menguntungkan ketika para pencari kerja lancar berbahasa Inggris. "Banyak membantu kamu bila bekerja di perusahaan multinasional. Jadi bisa lebih menyampaikan ide dan juga berkomunikasi dengan banyak orang," jelasnya.

Selain itu, perilaku yang baik juga diperlukan. Karena saat ini, masyarakat Indonesia saat mencari pekerjaan selalu ingin mencari pekerjaan dengan posisi teratas. Padahal untuk memiliki posisi tersebut harus memiliki pengalaman yang banyak.

"Mulai dari nol dulu. Kita butuh pengalaman jatuh bangun saat di pekerjaan. Mau punya kedudukan atas di pekerjaan harus ada proses yang harus dibayar untuk mencapai itu semua," pungkasnya.