Brilio.net - Penyidik KPK Novel Baswedan disiram air keras oleh orang tidak dikenal seusai salat subuh di masjid dekat rumahnya, Selasa (11/4). Akibat siraman air keras yang mengenai wajahnya tersebut, penyidik senior KPK itu kini dirawat intensif di RS Mitra Keluarga.

Banyak yang menduga teror oleh pelaku yang mengendarai motor ini salah satunya terkait dengan kasus-kasus korupsi besar yang ditangani oleh Novel.

Berikut kasus-kasus korupsi besar yang ditangani oleh pria kelahiran Semarang, 22 Juni 1977 yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/4).

1. Wisma Atlet Hambalang.

Kasus Novel © 2017 merdeka.com

Novel terlibat dalam penyelidikan kasus korupsi Wisma Atlet Hambalang yang menyeret nama beberapa politisi senayan seperti Angelina Sondakh.

2. Kasus jual-beli perkara sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi.

Kasus Novel © 2017 merdeka.com

Dalam kasus yang menyeret nama hakim konstitusi Akil Mochtar dan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ini, andil Novel Baswedan juga cukup besar.

3. Kasus simulator SIM Polri.

Kasus Novel © 2017 merdeka.com

Novel punya andil besar saat mengungkap korupsi di tubuh Korlantas Polri. Kasus itu juga menyeret nama Kakorlantas Irjen Polisi Djoko Susilo ini juga akhirnya membuat perseteruan antara KPK dan Polri kembali meruncing.

Ia kemudian dikasuskan terkait insiden penembakan saat masih berdinas di Polres Bengkulu.

4. Mega korupsi e-KTP.

Kasus Novel © 2017 merdeka.com

Dalam korupsi yang merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun ini peran Novel cukup sentral. Ia dan penyidik KPK lainnya berusaha mendapatkan saksi kunci hingga lebih dari 200 orang diperiksa.