Brilio.net - Gempa bumi baru saja melanda wilayah Banten dan Jakarta pada Selasa (23/1) siang pukul 13.35 WIB. Gempa yang berkekuatan 6,4 SR ini berpusat di Lebak, Banten. Getaran gempa yang cukup besar sempat membuat para warga yang tinggal di daerah Jakarta dan Banten panik. Mereka berbondong-bondong keluar dari gedung dan rumah untuk menyelamatkan diri.

Masyarakat pun ikut ramai membicarakan gempa tektonik ini di media sosial. Banyak yang mengabarkan info dan kondisi terkini wilayah yang terkena gempa. Foto-foto dan video beredar begitu cepat di media sosial dan grup WA. Sangat disayangkan, di tengah kepanikan dan musibah yang terjadi, masih saja ada beberapa oknum yang justru menyebarkan foto dan video hoax mengenai keadaan wilayah yang terkena guncangan gempa.

1. Salah satunya foto berikut ini, foto yang memperlihatkan jalan aspal dengan retakan yang cukup parah ini banyak tersebar di media sosial. Foto tersebut dikabarkan sebagai salah satu kondisi gempa yang terjadi di Banten. Padahal aslinya foto itu merupakan foto kondisi jalan Yogya-Wonosari, yang kabarnya terjadi dua hari lalu.

Ini foto & video gempa © 2018 Istimewa

 

2. Foto yang diunggah akun Instagram @inspirasihatiislami ini memperlihatkan sebuah bangunan masjid yang hancur akibat gempa. Akun tersebut mengabarkan bahwa foto tersebut merupakan kondisi akibat guncangan gempa di Banten. Namun warganet pada kolom komentar mengatakan bahwa itu bukanlah akibat gempa yang terjadi di Banten melainkan di Sukabumi.

Ini foto & video gempa © 2018 Istimewa

Tidak hanya foto, video hoax tentang kondisi gempa Banten juga ramai tersebar di media sosial dan grup WA. Video yang menunjukkan dua buah truk yang bergoyang sendiri akibat dihantam badai ini sebenarnya terjadi di atas kapal penyeberangan Gilimanuk.