Brilio.net - Beberapa hari belakangan ini publik, terutama di dunia maya, dihebohkan dengan patung harimau di markas Komando Distrik Militer 0611, Komando Rayon Militer 1123. Penyebabnya adalah sosok harimau yang digambarkan dalam patung itu tidak menunjukkan wajah yang garang, tapi malah lucu. Setelah jadi bahan lelucon netizen, patung itu pun dirobohkan.

Sebenarnya, penggunaan hewan sebagai simbol maupun nama kesatuan di lingkungan militer ini jamak terjadi. Tidak saja di TNI, melainkan juga di militer luar negeri. Dari kesatuan berskala kecil hingga besar. Berbagai jenis hewan dipakai sebagai simbol maupun nama, mulai dari semut hingga gajah, dari binatang laut hingga jenis burung. Tetapi, yang paling banyak pemakaiannya adalah untuk simbol maupun julukan karena terus melekat meski terjadi perubahan nama kesatuan. Sedangkan yang pemakaian nama hewan untuk nama kesatuan, jumlahnya lebih sedikit karena beberapa di antaranya sudah diganti dengan nama baru.

Nah, apa saja sih hewan pernah maupun masih dipakai untuk nama kesatuan di TNI? Simak beberapa di antaranya berikut ini, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (16/3).

1. Kodam XVII/Cenderawasih

nama hewan di militer istimewa

Loading...

Sesuai namanya, kamu pasti akan mudah mengenali di mana kesatuan ini berada. Yup, di Papua, tepatnya Jayapura. Dalam penamaan Kodam di Indonesia, lekat dengan kearifan lokal, baik menyangkut nama sosok pahlawan lokal, nama tempat, maupun hewan khas.

2. Kodam XVIII/Kasuari

nama hewan di militer istimewa

Ini adalah Kodam terbaru di Indonesia yang berada di Papua Barat, tepatnya Manokwari. Dulunya, wilayah Papua Barat ini tergabung dalam wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

3. Komando resor militer 041/Garuda Emas

nama hewan di militer istimewa

Pemakaian nama Garuda sepertinya menjadi ciri khas Korem di wilayah Kodam II/Sriwijaya (meliputi wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung). Salah satunya adalah Korem 041/Garuda Emas yang bermarkas di Bengkulu.

4. Komando resor militer 042/Garuda Putih

nama hewan di militer istimewa

Jika Korem 041/Garuda Emas di Bengkulu, maka di Jambi bermarkas Korem 042/Garuda Putih.

5. Komando resor militer 043/Garuda Hitam

nama hewan di militer istimewa

Ada Putih, ada Hitam. Ada Korem Garuda Putih, ada juga Korem Garuda Hitam. Korem 043/Garuda Hitam ini bermarkas di Bandar Lampung.

6. Komando resor militer 044/Garuda Dempo

nama hewan di militer istimewa

Jika sebelumnya pemakaian nama Garuda digabungkan dengan warna, maka kali ini nama Garuda dipadukan dengan nama gunung. Ya, Garuda Dempo. Ini adalah nama Korem 044 yang bermarkas di Palembang.

7. Komando resor militer 045/Garuda Jaya

nama hewan di militer istimewa

Satu lagi nama Korem yang memakai nama Garuda, yaitu Korem 045/Garuda Jaya. Kesatuan ini bermarkas di Pangkalpinang.

8. Yonif 401/Banteng Raider

nama hewan di militer istimewa

Jika sebelumnya membahas tentang nama-nama komando teritorial, kali ini penamaan memakai nama hewan juga banyak dijumpai di komando tempur. Salah satunya adalah Batalyon Infanteri (Yonif) 401/Banteng Raider. Namun, nama resmi Yonif yang bermarkas di Semarang ini sekarang sudah diganti menjadi Yonif 400 Raider. Meski demikian, masih tetap populer dengan sebutan Yonif Banteng Raider.

9. Yonif 641/Beruang Hitam

nama hewan di militer istimewa

Yonif 641/Beruang Hitam ini berada di bawah komando Kodam XII/Tanjungpura dan memiliki lebih dari satu markas yakni di Sambas, Bengkayang, dan Singkawang. Saat ini juga berganti nama menjadi Yonif 641 Raider.

10. Yonif 323/Buaya Putih

nama hewan di militer istimewa

Jika kamu ke Kota Banjar, Jawa Barat, kamu bisa menjumpai markas militer ini. Bernama Yonif 323/Buaya Putih, salah satu pasukan elit TNI AD ini sekarang di bawah Kostrad. Salah satu tokoh yang pernah menjadi komandan di Yonif ini adalah Agum Gumelar. Sekarang ini namanya telah berubah menjadi Yonif 323 Raider.

11. Yonif 644/Walet Sakti

nama hewan di militer istimewa

Tidak saja garuda dan elang yang dijadikan nama kesatuan di TNI. Kali ini ada walet yang digunakan sebagai nama Yonif 644/Walet Sakti. Tapi, nama dari kesatuan yang bermarkas di Putussibau, Kapuas Hulu ini sekarang berganti nama menjadi Yonif Raider Khusus 644/Walet Sakti.

12. Yonif 315/Garuda

nama hewan di militer istimewa

Ada lagi yang menggunakan garuda sebagai nama kesatuan, yakni Yonif 315/Garuda. Markas kesatuan ini berada di Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat.

13. Yonif 121/Macan Kumbang

nama hewan di militer istimewa

Kesatuan ini berada di bawah komando Brigade Infanteri (Brigif) 7/Rimba Raya, Kodam I/Bukit Barisan. Yonif 121/Macan Kumbang memiliki markas di Galang, Kabupaten Deli Serdang.

14. Yonif 115/Macan Leuser

nama hewan di militer istimewa

Macan juga digunakan dalam penamaan Yonif 115 yang memiliki markas di beberapa daerah, yakni Pasi Raja dan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan; serta Suaq, Kabupaten Aceh Barat Daya. Dalam penamaannya, macan digabungkan dengan nama gunung, sehingga menjadi Yonif 115/Macan Leuser.

15. Yonif 312/Kala Hitam

nama hewan di militer istimewa

Batalyon infanteri yang berada di bawah komando Brigif 15/Kijang II, Kodam III/Siliwangi ini pernah memakai nama Yonif Kala Jengking, tapi kemudian diubah menjadi Yonif 312/Kala Hitam. Markas Yonif 312/Kala Hitam di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

16. Yonif 126/Kala Cakti

nama hewan di militer istimewa

Merupakan batalyon infantri di bawah komando Korem 022/Pantai Timur, Kodam I/Bukit Barisan. Saat ini markas komando Yonif 126/Kala Cakti di Sei Balai, Kabupaten Batubara.

17. Yonif 123/Rajawali

nama hewan di militer istimewa

Kesatuan ini di bawah komando Korem 023/Kawal Samudera, Kodam I/Bukit Barisan dengan markasnya terletak di Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara.

18. Yonkav 1/Badak Ceta Cakti

nama hewan di militer istimewa

Pemakaian nama hewan juga berlaku di kesatuan kavaleri. Batalyon Kavaleri (Yonkav) 1, misalnya. Yonkav ini memakai badak dalam namanya yakni, Yonkav 1/Badak Ceta Cakti. Kesatuan yang mengoperasikan kendaraan tempur jenis tank ini bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur dan berada di bawah komando Divisi Infanteri 1/Kostrad.

19. Yonkav 4/Kijang Cakti

nama hewan di militer istimewa

Kijang juga dipakai dalam penamaan kesatuan TNI, yakni Yonkav 4/Kijang Cakti. Kesatuan yang mengoperasikan tank ini bermarkas di Bandung dan berada di bawah komando Kodam III/Siliwangi.

20. Yonkav 9/Cobra

nama hewan di militer istimewa

Yonkav yang juga memakai nama hewan dalam penamaan kesatuannya adalah Yonkav 9/Cobra. Kesatuan yang bermarkas di Serpong dan di bawah komando Kodam Jaya ini juga dikenal dengan nama Yonkav 9/Satya Dharma Kala.

21. Yonkav 11/Macan Setia Cakti

yonkav 11 yonkav 11

Lagi-lagi macan dijadikan sebagai nama. Kali ini adalah Yonkav 11/Macan Setia Cakti. Kesatuan kavaleri yang bermarkas di Jantho, Aceh Besar.

RECOMMENDED BY EDITOR