Brilio.net - Sejak Minggu (19/9) media sosial diramaikan dengan keluhan warganet mengenai jaringan internet IndiHome. Gangguan ini mengakibatkan koneksi internet berjalan lambat di beberapa daerah. Diketahui ruas Batam-Pontianak menjadi kendala di sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan).

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, dilansir brilio.net dari Liputan6.com Selasa (21/9), mengatakan pihaknya bersama Telkom Group sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak. Menurut informasi terbaru, proses pemulihan kini sudah berangsur membaik.

Melalui holding statement Telkom pada Selasa (21/9), Denny Abidin mengatakan, sejumlah akses di beberapa wilayah dikatakan sudah mulai berangsur membaik. "Saat ini sejumlah akses di titik wilayah yang terdampak mulai berangsur normal," tutur Denny.

Di tengah proses pemulihan, perhatian warganet sempat tertuju pada sebuah video proses penyelesaian masalah tersebut. Seperti yang diunggah dalam akun TikTok @daniel..921, terlihat beberapa potongan dokumentasi proses penyambungan kabel IndiHome.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dikatakan sang pengunggah, kerusakan itulah yang menjadi penyebab di balik menurunnya kecepatan Internet IndiHome beberapa hari ini. "Proses penyambungan kabel bawah laut yang menyebabkan jaringan Telkomsel/IndiHome down," begitu tulisnya.

Proses penyambungan kabel IndiHome © TikTok

foto: TikTok/@daniel..921

Ya, dalam beberapa foto yang diunggah, tampak para petugas menyelam ke dasar laut. Terlihat mereka sedang menangani beberapa kabel berukuran besar. Dengan peralatan lengkap, para petugas itu menyusuri beberapa area di bawah laut.

Pemilik akun yang diketahui merupakan anggota tim IndiHome, ikut menyampaikan permintaan maaf kepada para pelanggan. "mohon maaf atas ketidaknyamanannya," ujar akun TikTok @daniel..921.

Proses penyambungan kabel IndiHome © TikTok

foto: TikTok/@daniel..921

Video singkat itu lantas ramai tersebar di media sosial dan mendapatkan berbagai tanggapan. Tak dipungkiri, banyak yang memberikan ungkapan kagum untuk perjuangan para petugas dalam mengatasi permasalahan itu.

"Tadinya kesel, stlh liat begini jadi kasian. Semangat para team IndiHome," tulis @shinaa.

"Yang bilang ngelag, lihat nyawa taruhannya," komentar @erie.

"Gak jadi ngeluh bang, malu sayaa," kata @vee_veeraa.

@daniel..921

##indihome ##telkomindonesia ##fypage mohon maaf atas ketidak nyamannya

suara asli - Die

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR