Brilio.net - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Arafah, Muzdalifah, Mina pada Minggu (19/8) malam waktu setempat. Cuaca buruk tersebut berlangsung saat para jamaah akan melaksanakan Salat Maghrib berjemaah. Para jamaah yang sedang berwudu pun langsung berhamburan menyelamatkan diri.

Kencangnya angin badai pasir yang melanda mengakibatkan tenda-tenda jamaah bergoyang hingga roboh. Selain itu, fenomena alam yang jarang terjadi itu juga sempat menyebabkan listrik padam.

Hujan deras yang juga disertai petir ini berlangsung sekitar 30 menit di wilayah Wukuf Arafah. Di mana wilayah tersebut merupakan tempat umat muslim melaksanakan puncak haji pada hari ini (20/8) atau pada 9 Zulhijah.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (20/8), brilio.net sudah menghimpun 9 potret saat hujan dan badai pasir melanda jamaah haji di Arafah.

1. Salah satu kondisi tenda milik jamaah haji Indonesia yang roboh setelah diterpa hujan deras dan badai pasir.

hujan dan badai pasir © 2018 Istimewa

foto: Twitter/@AgenUmrohTravel

 

2. Beberapa tenda terlihat luluh lantak sesaat setelah dilanda angin kencang di wilayah Arafah.

hujan dan badai pasir © 2018 Istimewa

foto: Twitter/@kara_naora

3. Saking kencangnya, angin bahkan sempat membuat penutub ka'bah terangkat.

hujan dan badai pasir © 2018 Istimewa

foto: Twitter/@Fahrurojidaman1

 

4. Suasana jemaah haji saat terjadinya badai pasir di Arafah.

 

5. Angin tampak begitu kencang berhembus dan menerbangkan segala sesuatu yang ada di sekitarnya.

 

6. Para jemaah pun meneriakkan takbir ketika mengalami cuaca buruk tersebut.

 

7. Hujan deras disertai petir juga melanda para jamaah di Arafah.

 

8. Salah satu jamaah yang ikut melaporkan kondisi sesaat setelah dilanda hujan dan badai pasir.

 

9. Menurut Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, kejadian serupa juga pernah terjadi dua tahun yang lalu namun tanpa disertai hujan deras.

 

Badai di Arafah Bada sholat maghrib sampai sekitar jam21.00 Waktu Arab Saudi . BADAI PASIR DAN HUJAN DERAS TERJADI DI MEKKAH ARAB SAUDI/ TENDA-TENDA WUKUF DI PADANG ARAFAH DAN MINA PUN ROBOH// UNTUK 0SEMENTARA JEMAAH MEMILIH BERADA DI LUAR TENDA/ SAMPAI LISTRIK DAN PENDINGIN RUANGAN MENYALA// HUJAN DISERTAI BADAI PASIR TERJADI DI KOTA MEKKAH MINGGU MALAM WAKTU SAUDI// BEBERAPA FASILITAS TENDA JEMAAH INDONESIA RUSAK// BAIK YANG ADA DI PADANG ARAFAH/ MAUPUN YANG ADA DI MINA// JEMAAH LANGSUNG MENGEVAKUASI KELUAR TENDA// HINGGA MINGGU MALAM/ SEBAGAIN JEMAAH CALON HAJI INDONESIA MASIH MEMILIH DI LUAR TENDA// SEMBARI MENUNGGY LISTRIK MENYALA/ PARA JEMAAH GELAR DZIKIR BERSAMA// BADAI PASIR YANG MERUSAK BEBERAPA TENDA DI ARAFAH DAN MINA TERJADI SEJAK PUKUL 18.30 WAKTU SAUDI// SAAT ITU SEBAGIAN JEMAAH SEDANG MELAKUKAN SALAT MAGRIB BERJAMAAH BERSAMA AMIRUL HAJJ/ MENTERI AGAMA LUKMAN HAKIM SAIFUDDIN #badaiarafah #badaimekah #badaimina #haji2018 #hajj #hajj2018

A post shared by Dodi Hidayatullah (@dodihidayatullah) on