Brilio.net - Wilayah Banten kembali diguncang gempa bumi. Gempa bermagnitudo 7,4 itu terjadi pada Jumat malam (2/8), pada pukul 19.03 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan gempa yang cukup kuat itu juga dirasakan di wilayah Jakarta hingga Yogyakarta tersebut berpusat di Sumur, Pandeglang.

Daerahnya jadi pusat titik gempa, sejumlah warga Sumur mulai mengungsi sesaat setelah gempa terjadi. Hal itu disampaikan salah seorang warga Pandeglang, Erna, yang menyebutkan keluarganya di wilayah Sumur telah mengungsi ke tempat lebih tinggi sesaat setelah gempa.

Dilansir brilio.net dari Antara, keluarga menyebut air laut telah naik ke atas. Daerah tersebut merupakan kawasan yang paling terkena dampak paling parah pada bencana tsunami yang terjadi pada akhir 2018.

Begitu juga di kawasan perusahaan Krakatau Bandar Samudera, Cilegon, Banten, juga telah dilakukan evakuasi. Perusahaan tersebut berada tak jauh dari bibir pantai Anyer.

BMKG merilis terjadi gempa dengan magnitudo 7,4 dengan kedalaman 10 kilometer di 147 kilometer Barat Daya Sumur, Banten. BMKG juga menyebutkan ada potensi tsunami dan memperingatkan masyarakat di sekitar pantai Banten, Lampung dan Bengkulu untuk menjauhi kawasan pantai.