Brilio.net - Gempa berkekuatan 7,1 skala richter (SR) mengguncang wilayah Sulawesi Utara tepatnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud pada Sabtu (29/12) pukul 10.39 WITA. Gempa terdeteksi berada di kedalaman 69 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempa terjadi di laut sekitar 201 kilometer arah timur laur Kepulauan Talaud. Melalui akun Twitter resminya, BMKG melaporkan titik koordinat gempa berada di 5.85 lintang utara (LU) dan 126.81 bujur timur (BT).

Hingga kini, belum ada laporan terkait dampak kerusakan akibat gempa yang mengguncang wilayah timur Indonesia ini. Sementara itu, getaran gempa dirasakan kuat di Melonguane Talaud IV MMI, Tahuna Sangihe III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai III MMI, Manado, Ternate, dan Jailolo II MMI.

Loading...

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan terus memantau perkembangan dari BMKG melalui media sosial maupun aplikasi yang ada.

Sementara itu Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan lewat akun Twitternya jika gempa yang terasa kuat di Kepulauan Sangihe selama 6 detik ini tidak berpotensi tsunami.

RECOMMENDED BY EDITOR