Brilio.net - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DIY menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) II pada 30 November 2020. Bertempat di The Atrium Hotel and Resort Yogyakarta, Konferwil II AMSI DIY ini untuk memilih pengurus baru.

Ketua AMSI DIY Anton Wahyu Prihartono mengatakan, konferwil ini selain memilih pengurus baru juga menjadi langkah untuk mengadvokasi dan penguatan kapasitas media siber di DIY. Anton menjelaskan, saat ini ada sebelas media yang tergabung dalam AMSI DIY.

”Belum semua media siber di DIY terverifikasi di Dewan Pers. Belum semua jurnalis yang bekerja di media siber di DIY mendapatkan sertifikasi. AMSI DIY akan memfasilitasi hal tersebut. Harapannya media siber di DIY terverifikasi Dewan Pers,” jelas Anton, Minggu (29/11).

Menurut dia, tantangan saat ini bagi media siber cukup berat. Salah satunya dalam memerangi hoaks yang semakin banyak berseliweran lewat berbagai medium.

Dengan begitu, diperlukan satu langkah bersama untuk menyajikan berita yang terverifikasi, cover both side, penting dan menarik bagi pembacanya.

BACA JUGA: AMSI DIY kupas strategi website dengan konten lokal bisa trending
 
Anton mengungkapkan, dalam Konferwil II nanti dibuka oleh Gubernur DIY Hamengku Buwono X. Memang dalam membuka konferwil tidak dilakukan secara langsung, namun dilakukan secara virtual. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah dalam menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi ini.

“Jumlah peserta konferwil memang dibatasi karena kondisi pandemi ini. Meski begitu, harapannya tidak mengurangi esensi Konferwil II AMSI DIY. Dalam acara juga kami putarkan video apresiasi dan greeting dari bupati dan wali kota di wilayah DIY,” tuturnya.