Brilio.net - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN sudah memasuki tahap pengumuman. Pengumuman SNMPTN 2019 bisa dilihat pada Jumat (22/3) pukul 13.00 WIB. Caranya, kamu bisa masuk ke situs resmi pengumuman.snmptn.ac.id. Selain melalui situs tersebut, kamu juga bisa mengakses pengumuman melalui 12 situs lainnya yang sudah tertera di bagian informasi.

Dilansir brilio.net dari liputan6, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan jumlah peserta yang dinyatakan lulus dari 85 Perguruan Tinggi sejumlah 92.331 dari jumlah pendaftar sebanyak 478.608. Ada 386.277 dinyatakan tidak lolos masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN.

Pada peraturan terbaru, peserta yang tidak lolos SNMPTN tidak diperbolehkan untuk mengikuti jalur Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Peraturan ini membuat gelisah para siswa yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN.

Namun bagi kamu yang gagal masuk kuliah melalui jalur SNMPTN, masih ada 5 jalur ini yang bisa kamu tempuh untuk masuk kuliah. Apa saja jalurnya? Simak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (20/3).

 

1. UTBK gelombang 1.

jalur tidak lolos SNMPTN instagram

foto: Instagram/@utbk_sbmptn

UTBK atau Ujian Tulis Berbabis Komputer ini terdapat 2 gelombang. Dilansir dari antaranews.com, gelombang pertama akan ditutup pada 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB. Sehingga siswa yang tidak lulus SNMPTN harus cepat memantau dan segera mendaftarkan diri.

 

2. UTBK gelombang 2.

 

jalur tidak lolos SNMPTN instagram

foto: Instagram/@utbk_sbmptn

Selain UTBK gelombang 1, kamu juga masih bisa mengikuti UTBK gelombang 2. UTBK gelombang 2 akan mulai dibuka pada Senin, 25 Maret 2019 pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada 1 April 2019 pukul 22.00 WIB.

 

3. Kuliah di perguruan tinggi swasta.

jalur tidak lolos SNMPTN instagram

foto: Instagram/@universitaswiraswastaindonesia

Menuntut ilmu kuliah tidak harus melalui perguruan tinggi negeri, namun juga bisa melalui perguruan tinggi swasta. Dari data Ristekdikti, ada 4.287 jumlah perguruan tinggi swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat memilih, kamu bisa mempertimbangkan akreditasi dari perguruan tinggi swasta tersebut.

 

4. Jalur mandiri.

jalur tidak lolos SNMPTN instagram

foto: Instagram/@sman3lubas_activity

Jalur mandiri bisanya akan dibuka oleh masing-masing perguruan tinggi setelah proses SNMPTN dan SBMPTN selesai. Sebelum kamu mulai mendaftar melalui jalur mandiri, alangkah baiknya kamu sudah mempersiapkan diri sejak awal. Misalnya ketahui tempat, waktu, dan mekanisme setiap perguruan tinggi. Kamu bisa mencari informasi melalui internet atau datang langsung ke perguruan tinggi tersebut.

 

5. Jalur vokasi.

jalur tidak lolos SNMPTN instagram

foto: Instagram/@vokasi_ui

Jalur ini bisanya diambil oleh siswa lulusan SMK. Namun tidak menutup bagi kamu yang lulusan SMA juga bisa ambil jalur ini. Setiap perguruan tinggi biasanya memiliki daya tampung yang lumayan tinggi. Kamu bisa mulai riset dan mencari tahu informasi di setiap perguruan tinggi yang kamu inginkan.