Brilio.net - Hingga saat ini belum ada cara pasti untuk menghentikan penyebaran virus corona di berbagai negara. Bahkan, saat ini telah ditemukan mutasi virus corona di Inggris. Mutasi virus ini bahkan lebih mudah ditularkan dari satu orang ke orang lainnya.

Dilansir brilio.net dari bbc.com pada Senin (21/12) Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan, mutasi virus corona baru ini dapat lebih mudah ditularkan hingga 70%, tetapi tidak ada bukti bahwa mutasi dari virus corona ini bisa lebih mematikan dan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa reaksinya berbeda terhadap vaksin.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mengatakan varian baru itu "di luar kendali", sementara Denmark, Italia, dan Belanda mengumumkan bahwa mereka telah mendeteksinya.

James Gallagher, koresponden kesehatan dan sains, menganalisis bahwa strain mutasi virus corona ini, pertama kali terdeteksi pada bulan September. Hingga pada bulan November, kasus itu mencapai sekitar seperempat kasus di London. Itu artinya penyebaran sudah mencapai hampir dua pertiga kasus pada pertengahan Desember 2020. Adapun fakta yang ditemukan dari kemunculan strain mutasi terbaru virus corona, yakni sebagai berikut:

1. Strain mutasi terbaru virus corona bisa dengan cepat menggantikan versi virus lainnya.

2. Strain virus ini memiliki mutasi yang memengaruhi bagian dari virus penting.

3. Beberapa dari mutasi tersebut telah ditunjukkan di laboratorium untuk meningkatkan kemampuan virus menginfeksi sel.

Fakta dari strain tersebut kemudian membentuk strain virus baru yang dapat menyebar dengan lebih mudah. Penjelasan yang paling mungkin adalah penyakit ini terdeteksi pada pasien dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga tidak mampu mengalahkan virus. Namun, belum ada bukti yang menunjukkan strain virus corona baru lebih mematikan, dan setidaknya untuk saat ini vaksin yang dikembangkan hampir pasti akan berhasil melawannya.

Namun, jika virus berubah sehingga menghindari efek penuh dari vaksin, maka kejadian ini mungkin menjadi elemen yang paling memprihatinkan.

Pada hari Senin (21/12) regulator obat-obatan UE diharapkan untuk merekomendasikan persetujuan vaksin virus corona Pfizer-BioNTech untuk digunakan di semua 27 negara bagian. Badan Obat Eropa (European Medicines Agency / EMA) bertemu seminggu lebih awal untuk memutuskan vaksin yang sudah diberikan di Inggris dan di AS.

Jika hal itu disetujui resmi dari Komisi Eropa, diharapkan menyusul pada hari Rabu dan distribusi vaksin dapat dimulai di beberapa negara bagian UE paling cepat hari Minggu yang akan datang.

Dampak strain mutasi corona terbaru bagi Inggris.

Fakta strain mutasi corona © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Temuan strain mutasi terbaru virus corona di Inggris, membuat beberapa negara di Uni Eropa membatasi penerbangan dari Inggris masuk ke wilayahnya. Jerman, Prancis, dan Italia termasuk di antara yang menangguhkan penerbangan dari Inggris. Layanan kereta keluar melalui Terowongan Channel juga telah dihentikan. Denmark menangguhkan penerbangan dari Inggris selama 48 jam mulai pukul 09:00 GMT pada hari Senin (21/12).

Belanda mengatakan akan melarang semua penerbangan penumpang dari Inggris hingga 1 Januari. Penumpang feri yang tiba dari Inggris juga akan dilarang meskipun pengiriman akan dilanjutkan. Prancis menangguhkan semua tautan perjalanan, termasuk truk barang, dengan Inggris selama 48 jam dari tengah malam pada hari Minggu (20/12). Ribuan truk bergerak antar negara setiap hari.

Menanggapi larangan Prancis, Eurotunnel mengatakan akan menangguhkan akses ke terminal Folkestone-nya untuk lalu lintas menuju Calais. Orang yang memesan untuk bepergian pada hari Senin bisa mendapatkan pengembalian uang. Kereta masih akan beroperasi dari Calais ke Folkestone.

Adapun negara lain yang melakukan pembatasan perjalanan dari Inggris yakni Irlandia, Belgia, Austria. Adapula negara dan teritori lain yang mengumumkan pembatasan perjalanan Inggris termasuk Hong Kong, Israel, Iran, Kroasia, Argentina, Chili, Maroko, dan Kuwait. Sementara itu, Arab Saudi telah menangguhkan semua penerbangan internasional selama satu minggu karena pandemi tersebut.