Brilio.net - Menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mulai berbenah merapikan urusan yang menyangkut tentang BUMN di Indonesia. Sebagai bentuk kerja nyatanya, ia beserta jajarannya turun langsung ke lapangan guna melihat kondisi nyata yang dihadapi masyarakat. Persoalan dari yang sepele hingga rumit coba diselesaikan secara bertahap, termasuk tentang fasilitas umum yang dijadikan ladang bisnis.

Baru kemarin, tepatnya Senin (22/11), Erick mendatangi salah satu SPBU yang berada di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur. Dalam kedatangan tersebut, Erick menemukan toilet SPBU yang meminta tarif kepada pengunjung. Hal tersebut dinilai tidak tepat mengingat toilet tersebut merupakan fasilitas umum yang disediakan untuk pengunjung.

Pengusaha sukses itu menemui pria yang bertugas menjaga toilet tersebut. Erick sempat saling tanya jawab dengan pria penjaga toilet. Ia menanyakan alasan mengapa toilet tersebut dijadikan ladang bisnis.

erick thohir singgung wc spbu berbayar © 2021 Instagram

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Instagram/@erickthohir

"Kenapa nggak gratis? Kan ini fasilitas umum...," kata Erick, melansir dari postingan Instagram @erickthohir Selasa (23/11).

"Saya kurang tau soalnya saya cuma kerja, Pak...," jawab pria penjaga toilet.

Erick mengatakan bahwa SPBU tersebut milik swasta. Toilet yang berada di SPBU itu kemudian memberlakukan tarif mencapai Rp 2000 hingga Rp 4000, bagi pengunjung yang datang.

erick thohir singgung wc spbu berbayar © 2021 Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

"Ini Pom bensin swasta? Terus sama yang punya dikontrak, kalau yang mau pakai bayar 2 ribu kalau kencing, kalau mandi 4 ribu?" ungkap Erick.

Penemuan toilet berbayar ini sangat disayangkan oleh Menteri BUMN tersebut. Mengingat pemilik sudah mendapatkan untung dari hasil penjualan bahan bakar atau bensin. Ditambah lagi terdapat toko yang berjualan di area SPBU.

Melalui postingan yang diunggah tersebut, Erick mengimbau kepada Direksi Pertamina untuk membenahi masalah tersebut dengan menggratiskan toilet umum yang ada di setiap SPBU.

erick thohir singgung wc spbu berbayar © 2021 Instagram

foto: Instagram/@erickthohir

"Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini, harusnya gratis. Karena kan sudah dapet dari jualan bensin. Udah gitu ada juga toko kelontongnya. Jadi masyarakat mestinya ya mendapatkan fasilitas tambahan," jelas Erick.

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya gak boleh bayar, harus gratis!" tegas Erick dalam video.

Aksi Erick Thohir ini didukung oleh banyak masyarakat, baik dari kalangan selebriti maupun masyarakat biasa yang merasakan keluhan yang sama tentang toilet berbayar di SPBU ini. Mereka menyampaikan dukungan tersebut lewat kolom komentar.

"Bravo pak ," ucap Atta Halilintar.

"Keren sekali Pak sangat setuju ," kata akun @imasrn_wahyuni.

"Akhirnya dibahas menteri bumn langsung, bukan soal 2000 nya,tapi kn itu bagian fasilitas," tambah @wandi_coizta.

"Hebat pak Memang sudah rahasia umum kalo toilet di pom bensin harus bayar. Kalo yg gratis rata2 kurang bersih sayangnya, pak ," timpal akun @am__nasution4213.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR