Brilio.net - Di bulan Ramadan umat Muslim memang didorong melakukan banyak kebaikan, seperti memperbanyak amalan soleh, karena di bulan ini dipercaya menjadi bulan paling mulia di antara sebelas bulan lainnya.

Eksperimen sosial pun dilakukan untuk mengetahui, apakah benar sudah banyak yang meningkatkan ibadahnya di bulan yang suci ini? Dalam hal ini, eksperimen sosial dilakukan dengan memasang kamera dalam kotak amal, untuk mengetahui seberapa banyak orang yang kebetulan saat itu berbagi rezeki lebih banyak dari yang lain.

Eksperimen sosial ini dilakukan oleh tim Kitabisa.com, website yang biasa dikenal secara populer untuk menggalang dana dan berdonasi secara online. Lalu seperti apa hasil dari eksperimen sosial ini, simak videonya yang brilio.net kutip pada Senin (19/6):

Reaksi netizen pun beragam dengan eksperimen sosial ini. Ada yang tersadarkan bahwa dirinya masih kurang berbagi dengan sesama namun ada juga yang menuturkan kata-kata jenakanya. "Sedekahnya recehan, mintanya jd kaya, sehat terus, hidup berkah dll.. Malu sebenernya sama Allah.. Semoga bisa kya bapak itu," ujar akun Imam Munandar.

"Kita enggak pernah tau isi hati manusia, bisa jadi yg masukin receh, mereka istiqomah melakukannya setiap hari. Yang masukin uang gedean, mereka sedang diberi kelapangan rezeki. Dan yang masukin GoPro, semoga ga diambil lagi, malu sama yg masukin receh, hehehe," kata akun Fitra Irsyadi ikut berkomentar.