Brilio.net - Penerapan konsep smart city di sejumlah wilayah di Indonesia makin gencar dilakukan. Perkembangan teknologi digital saat ini menuntut Pemerintah Daerah memberikan pelayanan terbaik bagi warganya secara cepat. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Faktor inilah yang membuat Telkomsel lewat program akselerasikan negeri terus berupaya membangun ekosistem digital di seluruh Indonesia. Salah satunya dengan berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang.

Kolaborasi ini ditandai melalui penandatangan nota kesepahaman kedua belah pihak dalam penerapan teknologi masa depan untuk mendukung upaya pembangunan kabupaten ini dengan menguatkan ekosistem perkotaan berbasis konsep smart city.

Telkomsel Smart City © 2019 brilio.net

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini (tengah), Komisaris Telkom Cahyana Ahmadjayadi (ketiga kanan), Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel Muharam Perbawamukti (paling kanan), EVP West Area Telkomsel Agus Setia Budi (paling kiri), Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir (ketiga kiri), Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan (kedua kiri) dan Sekda Herman Suryatman usai  penandatangan nota kesepahaman kerjasama Telkomsel dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang dalam penerapan Smart City di Sumedang, (27/10).

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan pihaknya akan terus bergerak maju mengakselerasikan negeri melalui berbagai dukungan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur lapisan masyarakat.

“Saat ini bersama Pemkab Sumedang, Telkomsel hadir untuk berkolaborasi dalam memanfaatkan teknologi berbasis digital guna  mendorong terwujudnya smart city di wilayah Sumedang melalui pengembangan ekosistem edukasi dan ekonomi berbasis teknologi melalui peningkatan mutu  dan jenis layanan pemerintah dan  sumber daya manusia setempat,” ujar Emmasaat penandatanganan kerjasama di Sumedang baru-baru ini.

Lebih lanjut Emma menambahkan, sebagai digital telco company Telkomsel memiliki berbagai sarana dan prasarana teknologi digital yang sangat berguna untuk mendukung pemerintah daerah dalam melakukan peningkatan mutu dan jenis layanan publik untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakatnya.

Telkomsel Smart City © 2019 brilio.net

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini (kiri) didampingi GM Consumer Sales Reg Jabar Telkomsel Mulya Budiman bersama Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir (kanan) saat melihat salah satu produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumedang, (27/10).

“Telkomsel dan jajaran Pemkab berhasil mengindentifikasi berbagai tantangan serta kebutuhan di Sumedang sehingga diharapkan bersama kami dapat menghadirkan solusi dan layanan teknologi yang tepat guna,” jelas Emma.

Untuk mengakselerasi perwujudan smart city di Sumedang, Telkomsel telah menyiapkan berbagai solusi dan layanan digital yang dapat diimplementasikan pemda setempat seperti pengelolaan pajak, kesehatan, analisis media, keamanan, dan lain-lain.

Sementara untuk mendukung ekonomi kerakyatan berbasis digital, Telkomsel menghadirkan layanan 99% Usahaku bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumedang. Sebagai informasi, 99% Usahaku merupakan sebuah platform layanan berbasis aplikasi untuk membantu pelaku bisnis UMKM melalui berbagai konten pembelajaran (digital learning, artikel informasi bisnis, cerita sukses), fitur forum komunikasi antar pelaku UMKM, ragam solusi layanan UMKM dari Telkomsel Enterprise, serta akses cakupan pasar yang lebih luas guna meningkatkan kapasitas penjualan.

“Dukungan ini diharapkan dapat membantu mengakselerasi potensi ekonomi Sumedang, mengingat sektor UMKM merupakan salah satu sarana terpenting untuk penyerapan tenaga kerja dan pemerataan ekonomi masyarakat menengah ke bawah”, ungkap Emma.

Telkomsel Smart City © 2019 brilio.net

Inisiatif lain yang dihadirkan Telkomsel bagi warga Sumedang melalui sinergi program Corporate Social Responsibilty (CSR) Telkomsel Baktiku Negeriku yang digelar pada 25–26 Oktober 2019 di Desa Bojong Loa, Kabupaten Sumedang. Baktiku Negeriku merupakan program pendampingan wilayah pedesaan Indonesia melalui penyediaan akses informasi dan pemberdayaan masyarakat berbasis digital.

Selama dua hari Telkomsel menanamkan gerakan peduli lingkungan (green movement) serta memberikan edukasi kewirausahaan, literasi keuangan juga pemasaran digital, melalui pemanfaatan platform aplikasi digital Baktiku Negeriku. Selain itu, Telkomsel juga menyediakan fasilitas digital center yang berisi perangkat komputer beserta akses broadband yang dapat dimanfaatkan warga desa untuk mengakses informasi melalui jaringan internet.

Kolaborasi Telkomsel dan Pemkab Sumedang juga bertujuan menekan angka prevalensi stunting (kerdil). Telkomsel mendukung upaya ini dengan menyediakan tablet phone dengan aplikasi edukasi kesehatan yang akan digunakan perwakilan desa untuk mendapatkan informasi terkait penanganan dan pencegahan stunting.

”Ke depannya Telkomsel akan terus menghadirkan berbagai pemanfaatan teknologi digital yang mendukung kemajuan masyarakat di Kabupaten Sumedang, yang juga menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dalam membangun tentu Telkomsel tidak bisa sendiri, kami perlu menggandeng berbagai stakeholder untuk berkolaborasi dengan baik,” tutup Emma.