Brilio.net - Kecelakaan laut telah terjadi di perairan Tuban, Jawa Timur. Sebuah Kapal MV Thaison 4 yang berbendera Vietnam dengan nomor kapal GT 8216 AIMO 9370587 bertabrakan dengan kapal motor Mulya Sejati asal Pati, Jawa Tengah (Jateng).

Kedua kapal yakni kapal Vietnam membawa anak buah kapal (ABK) sebanyak 22 orang yang memuat tapioka, sedangkan kapal asal Pati, Jateng membawa ABK sebanyak 27 orang.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono kepada brilio.net, kecelakaan laut terjadi Sabtu (19/11) sekitar pukul 04.00 WIB, di perairan laut Pulau Jawa, tepatnya pada titik koordinat 06.33.03.5/112 derajat.

"Menurut salah satu saksi, KM Mulya Sejati ditabrak oleh kapal Thaison 4 yang berbendera Vietnam dari belakang, kemudian terbalik," ucap Joko.

Akibat kecelakaaan laut itu, 15 orang sampai saat ini belum ditemukan, sedangkan 12 orang dapat diselamatkan.

Sebanyak delapan personel tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban turut mencari nelayan korban kapal tenggelam. Mereka akan menyisir di sekitar pantai hingga berjarak 5 mil dari bibir pantai.

Sejauh ini yang masih menjadi kendala bagi tim penyelamatan, menurut Joko adalah jauhnya mil lokasi tabrakan dengan daratan. Selain itu Tim Search and Rescue (SAR) juga membutuhkan kapal besar untuk evakuasi, dan tim BPBD Tuban hanya memiliki kapasitas kapal Dolphin yang belum bisa menjangkau titik kecelakaan.

"Oleh karena itu kami juga memperbanyak tim penyelamatan, dan memberikan himbauan kepada kapal yang lewat untuk turut membantu karena kebetulan lokasi kejadian adalah daerah pasar, kami juga mengkoordinasi dengan Tim Basarnas," lanjut Joko.

Saat ini, tim Basarnas sudah meluncur ke titik kecelakaan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.