Brilio.net - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang wilayah Jepang pada pukul 23.35 waktu setempat. Menurut Badan Meteorologi Jepang, gempa bumi tersebut berada di sebelah Timur Laut Fukushima berpusat pada kedalaman 60 kilometer di bawah laut. Akibat gempa bumi tersebut, otoritas Jepang sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami, namun saat ini peringatan tsunami telah dicabut.

Sebuah video Live Cam yang berada di Kota Tokyo, Jepang merekam bagaimana detik-detik gempa bumi mengguncang wilayah tersebut. Berikut rekaman detik-detik terjadinya gempa dilansir dari akun Instagram @ussfeed.

"Gempa berkekuatan 7,3 SR baru saja melanda Fukushima di Jepang utara. Peringatan tsunami telah dikeluarkan karena dilaporkan telah menyebabkan jutaan rumah di wilayah Tokyo, bertahan hidup tanpa listrik saat ini. Semoga semua selamat," demikian keterangan dalam video tersebut.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by USS Feed (@ussfeeds)

 

Video tersebut diunggah oleh vlogger asal Jepang, Takahiro. Terlihat guncangan gempa cukup kuat hingga membuat perabotan seperti kursi, meja, dan TV komputer tampak bergoyang dan berpindah tempat. Sementara ada beberapa barang dari rak yang jatuh.

 

 

Dilansir dari Kyodo News, pihak berwenang mengatakan mereka tengah bekerja untuk menilai kerusakan akibat gempa, karena para pejabat pun memperingatkan potensi gempa susulan yang kuat. Hingga saat ini dilaporkan ada 1 orang tewas akibat gempa tersebut.

Terlebih banyak warga Jepang kini dibayang-bayangi dengan peristiwa yang terjadi 11 tahun lalu, tepatnya pada 11 Maret 2011 di mana Fukushima pernah diguncang gempa magnitudo 9,1, tsunami, dan terjadi bencana nuklir yang menyebabkan lebih dari 100.000 orang dievakuasi dan 18.000 orang meninggal dunia.