Brilio.net - Dengan semakin banyak orang beraktivitas di rumah selama pandemi Covid-19, terlihat peningkatan intensitas masyarakat dalam mengonsumsi berita online. Sebuah platform distribusi berita dan konten BaBe (Baca Berita) melihat tren yang berbeda dalam konsumsi berita dan meluncurkan beberapa inisiatif untuk menemani pengguna selama di rumah.

Laporan Digital Around the World 2020 pada bulan April 2020 yang diterbitkan oleh W Are Social mengungkapkan bahwa ada perubahan dalam perilaku digital. Sebanyak 76% pengguna internet berusia 16-64 tahun menghabiskan lebih banyak waktu di perangkat smartphone mereka.

Dari survei pengguna yang dilaksanakan baru-baru ini dan analisis platform, BaBe menemukan beberapa tren. Dari survei yang telah dilakukan, sebanyak 92,6% pengguna menyatakan keprihatinan atas pandemi Covid-19. Lebih dari 85% pengguna melihat berita dan informasi tentang Covid-19 selama lebih dari sekali sehari.     

Berita terkait virus corona yang paling populer meliputi peraturan dan dukungan pemerintah, gejala-gejala, tips dan tindakan pencegahan kesehatan serta data terbaru tentang pandemi. Topik paling menarik tentang Covid-19 dengan sebagian besar komentar dari pengguna termasuk peraturan pemerintah (daerah dan nasional) tentang Covid-19, kabar baik yang membawa harapan baru misalnya inovasi medis, terkait perkembangan temuan vaksin, alat tes, dan lainnya untuk mengatasi penanganan virus.      

Menurut survei tersebut, dikatakan bahwa pengguna juga lebih memperhatikan konten yang lebih ringan seperti topik hiburan, keluarga, dan hubungan pasangan. Untuk pengguna di bawah 25 tahun, konten yang membahas kegiatan di rumah lebih menarik dibandingkan dengan pengguna di atas 46 tahun yang lebih suka membaca tentang analisis dari para ahli dan profesional saat Covid-19.    

Senior Business Development Manager, BaBe-Baca Berita Shelly Tantri, mengatakan pada situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini, sebagai platform distribusi berita dan konten, BaBe berupaya untuk menyediakan informasi yang kredibel dan tempat bagi pengguna untuk berbagi.

"Dari pembaruan harian dengan peta interaktif dan statistik data secara real-time, hingga saluran #DiRumahAja yang menyediakan berita dan hiburan gratis bagi pengguna, kami berharap dapat membantu para pengguna untuk tetap mendapatkan informasi yang bermanfaat dan selalu berpikir positif selama berjuang melawan krisis pandemi," ujar Shelly kepada media belum lama ini.