Brilio.net - Setiap orang akan merasa nyaman kalau bisa bekerja di bawah pencahayaan yang terang benderang, pun suasana yang cerah. Tapi ilmuwan dari Amerika Serikat memiliki catatan khusus terkait pencahayaan, dalam hal ini pencahayaan alam atau sinar matahari. Mereka mengklaim bahwa cuaca yang buruk lebih bagus untuk otak para karyawan.

Mendung, hujan, atau semacamnya dapat membuat suasana hati pegawai saat bekerja menjadi lebih baik, ketimbang seorang manajer training profesional.

Sebagaimana dikutip brilio.net dari GENIUS BEAUTY, Jumat (4/3), peneliti Amerika Serikat meneliti rekam produktivitas karyawan di beberapa bank Jepang. Hasilnya menunjukkan bahwa kurangnya sinar matahari justru membuat pekerja kantor lebih fokus dalam bekerja.

Grafik aktivitas pegawai menunjukkan bahwa suasana terang benderang dari matahari di luar gedung membuat mereka lebih lambat dalam bekerja. Sebaliknya, semakin buruk cuaca, maka kerjanya semakin bagus.

Para peneliti menjelaskan para pekerja kantor ingin menghabiskan waktu di luar dengan cuaca yang jelas. Cuaca yang cerah itu memberikan suasana rileks, ceria, dan romantis, sehingga cocok untuk bersantai bersama orang terkasih atau mengambil 'me time'.  Bukan justru bekerja. Maka tak heran, kalau cuaca cerah jadi nggak fokus banget bekerja.

Kendati penelitian tersebut berbeda dengan apa yang diyakini selama ini, peneliti tak serta merta memberi saran kepada pemilik perusahaan besar untuk mengubah kebijakan. Mereka berharap bahwa pengusaha nggak akan mencoba untuk menghilangkan 'hak' karyawan untuk bersantai dalam suasana cerah dan di alam terbuka, setelah mengetahui penelitian ini.

Hmmm... menurutmu bagaimana, Sobat Brilio?