Brilio.net - Profesi pilot banyak dicita-citakan anak muda hari ini. Selain karena bisa keliling dunia, pilot juga merupakan profesi yang menjanjikan pendapatan yang besar dan bergengsi. Namun untuk menggapai cita-cita itu, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi siswa agar bisa diterima di sekolah penerbangan yang akan mengantar mereka menjadi pilot.

Mereka tidak hanya harus memenuhi syarat akademik dan biaya minimal Rp550 juta untuk mengikuti satu periode pendidikan sebagai penerbang. Mereka juga harus memenuhi klasifikasi fisik. Secara keseluruhan bagi laki-laki mereka harus mempunyai tinggi 165 cm dan 160 cm untuk menjadi pilot. Bukan hanya itu, panjang kaki dari pangkal paha hingga ujung kaki harus mempunyai panjang 100 cm atau sama dengan 1 meter.

“Panjang kaki ini penting mengingat karena untuk membelokkan pesawat saat berada di darat harus menggunakan kaki. Kalau di udara baru menggunakan tangan,” kata Asri Santosa, Kepala Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo yang juga mantan Direktur ATKP (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan) Medan.

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah mata tidak boleh plus. Kalau mata minus mungkin masih bisa dilasik.