Brilio.net - Wabah virus Corona kini resmi ditetapkan oleh Orgaisasi Kesehatan Dunia atau WHO sebagai pandemi. Jumlah korban pun di Indonesia kian meningkat setiap harinya. Namun di balik kasus wabah ini juga begitu banyak cerita terkait korban virus Corona menyebar di media sosial. Tapi yang satu ini bikin terenyuh dan menyayat hati netizen.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil belakangan ini rupanya menjadi orang tua asuh sementara bagi seorang anak laki-laki dari pasangan suami istri yang dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19.

Hal tersebut diketahui dari unggahan di Instagram pribadi, @ridwankamil. Dalam keterangan di postingan tersebut, ia juga mengungkapkan kesedihannya atas kejadian yang menimpa anak laki-laki yang diketahui bernama Dede tersebut.

Sejak tanggal 2 Maret lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah menetapkan wilayahnya dalam status siaga menghadapi virus Corona Covid-19. Dilansir dari situs pikobar.jabarprov.go.id, jumlah pasien positif Corona di Jawa Barat sendiri sudah mencapai kurang lebih 59 orang.

Dari sejumlah pasien yang dinyatakan terinfeksi, di dalamnya termasuk kedua orangtua Dede yang juga harus menjalani proses isolasi sehingga untuk sementara waktu Ridwan Kamil memutuskan untuk mengasuh Dede di rumah pribadinya.

Loading...

Cerita Ridwan Kamil asuh anak © 2020 liputan6.com/Huyogo Simbolon ; merdeka.com/muhammad luthfi rahman

foto: Instagram/@ridwankamil

Dalam postingan tersebut, Ridwan Kamil mengatakan jika dirinya sangat sedih saat Dede mengatakan jika dirinya merindukan kedua orang tuanya yang sedang diisolasi.

"Sebut saja namanya Dede. Anak lelaki cerdas yang sedang bersedih. 'Pak, Aku kangen ayah dan bunda Pak' kata dia dengan lirih. Agak tak kuasa saya melihat raut wajahnya," tulis Ridwan Kamil dikutip brilio.net dari merdeka.com, Selasa (24/3).

Ridwan mengatakan jika kedua orang tua Dede terpapar karena pergaulan sosial yang tak bisa ditahan. Kemungkinan kedua orang tua Dede tak melakukan social distancing seperti apa yang dianjurkan pemerintah.

"Ia terpisahkan oleh takdir karena ayah ibunya sedang dirawat karena keduanya positif terkena virus Covid-19. Orangtuanya terpapar karena pergaulan sosial yang kurang bisa ditahan," tulisnya.

Meski kedua orang tuanya positif terjangkit virus Corona, Dede sendiri setelah dilakukan tes ternyata hasilnya negatif.

"Dede sendiri, alhamdulillah dites dengan hasil negatif. Hebat kamu de," ungkap Ridwan Kamil.

Sementara orangtuanya dirawat, Dede tinggal bersama Ridwan Kamil.

"Untuk itu, sementara waktu ini Ridwan Kamil memutuskan untuk merawat Dede sampai nanti kedua orang tuanya sembuh dan bisa berkumpul kembali," tulis Ridwan Kamil.

Untuk itu, ia memberikan himbauan kepada warga Jawa Barat khususnya untuk tetap tinggal di rumah dan melakukan social distancing.

"Jangan sampai ada Dede Dede yang lain, yang akhirnya terkorbankan dan terpisahkan dari orangtuanya, karena ketidakdisiplinan dan keegoisan kita para manusia dewasa," tutup Ridwan Kamil.

RECOMMENDED BY EDITOR