Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal sebagai sosok pengusaha sebelum menggeluti dunia politik. Namun tak banyak yang tahu jika orang nomor satu Indonesia ini pernah mencoba pinjaman modal ke bank, namun terhalang karena tak memiliki agunan. Bahkan ia mengaku harus meminjam sertifikat orangtuanya untuk meminjam uang di bank.

Dilansir dari liputan6.com, Presiden Jokowi bercerita kepada ibu-ibu Mekaar binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) di alun-alun Cilegon Provinsi Banten. Jokowi bercerita ketika merintis usaha tidak memiliki aset apapun untuk diagunankan, dan agunan yang harus diberikan lebih dari modal yang akan dipinjam.

"Saya ingat dulu waktu saya muda saya punya usaha kecil-kecilan, saya mau pinjam Rp 10 juta saja, agunannya harus lebih dari itu. Padahal saya tidak punya agunan," ujar Jokowi di Alun-alun Cilegon Provinsi Banten, Jumat (6/12).

Presiden Jokowi pun mengingatkan agar ibu-ibu Mekaar lebih bersyukur karena mendapat pinjaman modal usaha dari PNM. Ia juga tak lupa mengingatkan agar nasabah berhati-hati dalam mengelola bantuan dari pemerintah.

"Ibu-ibu adalah orang-orang yang dipercaya. Hati-hati karena mendapatkan bantuan pinjaman tanpa agunan," lanjut Presiden Jokowi.

Loading...

Ayah 3 anak itu mengatakan agar nasabah dapat menjaga kepercayaan dengan mengelola uang pinjaman secara baik sebagai modal mengembangkan usaha. Karena apabila usaha ini berhasil maka nasabah dapat melakukan pinjaman modal dengan jumlah yang lebih besar.

Presiden Jokowi juga menegaskan mengenai pentingnya mengelola bantuan modal usaha. Karena hal ini dapat membuat pembayaran pinjaman modal usaha menjadi tepat waktu. Ia juga menambahkan jangan sampai kepercayaan pemerintah hilang karena uang pinjaman dimanfaatkan untuk hal konsumtif.

RECOMMENDED BY EDITOR