Brilio.net - Tokoh senior yang juga mantan ketua umum PP Muhammadiyah, Buya Ahmad Syafii Maarif sangat khawatir dengan keadaan berbangsa dan bernegara masyarakat Indonesia beberapa waktu belakangan ini.

Hal itu ia utarakan dalam Forum Sesepuh Bangsa untuk Perdamaian Indonesia yang diselenggarakan di University Club Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat (26/5).

Menurutnya, pemerintah agak terlambat dalam bersikap tegas terhadap kelompok-kelompok yang mengganggu negara, mengganggu Pancasila, dan mengganggu kebhinekaan.

"Ini jadinya, karena terlambat masyarakat terbelah seperti ini. Ini berbahaya sekali," ujar Buya Syafii kepada awak media seusai acara.

Disinggung mengenai bagaimana sikap ulama dalam membendung kelompok-kelompok yang menggangu kesatuan dan persatuan bangsa, Buya mengatakan bahwa ulama selama ini tidak bisa satu suara.

"Ulama ini juga ndak satu sih masalahnya. Tapi menurut saya gini ya, pakai akal sehat dan hati nurani untuk kemudian bersama-sama kita rajut kembali persatuan dan keutuhan bangsa ini. Sebab kalau kita tidak lakukan itu, saya khawatir Indonesia bisa pecah dan itu sangat berbahaya," pungkasnya.