Brilio.net - Sejak pandemi Covid-19 merebak pada Maret 2020 lalu di Indonesia, berbagai elemen masyarakat berupaya saling bahu membahu memutus mata rantai penyebaran. Inisiatif saling berbagi terus dilakukan baik dari masyarakat sebagai komunal maupun sejumlah perusahaan yang memperlihatkan empati mereka terhadap kondisi yang dialami sebagian besar masyarakat.      

Salah satunya diperlihatkan perusahaan telekomunikasi Telkomsel. Nah karena selama pandemi Covid-19 terus berupaya mendampingi masyarakat menghadapi masa-masa sulit, operator telekomunikasi seluler digital terdepan itu pun akhirnya diganjar apresiasi dalam ajang Iconomics CSR Award 2020.

Telkomsel berhasil memperoleh penghargaan pada kategori Telekomunikasi dengan kriteria Inisiatif Tanggap Darurat Covid-19—Dukungan Kesehatan Medis dan Pendidikan Online. Apresiasi tersebut diterima Telkomsel dalam acara penganugerahan yang disertai seminar daring bertajuk Strengthening Social Responsibility in Pandemic Era belum lama ini.

“Penghargaan ini sangat berarti bagi kami karena menjadi representasi dari manfaat nyata yang diterima masyarakat dari berbagai inisiatif sosial yang dijalankan Telkomsel, khususnya di tengah masa penuh tantangan akibat pandemi COVID-19,” ujar General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Priyo Santoso.

Telkomsel Covid © 2020 brilio.net

Iconomics CSR Awards 2020 merupakan ajang penghargaan besutan media ekonomi dalam negeri, Iconomics. Inisiatif tersebut menjadi apresiasi bagi perusahaan yang menjalankan corporate social responsibility (CSR) berdampak signifikan untuk masyarakat selama masa pandemi.

Iconomics CSR Awards 2020 juga menjadi wadah untuk mendorong inovasi pada program CSR, khususnya dalam mempercepat pemulihan ekonomi, sosial, dan budaya akibat pandemi COVID-19. 

Dalam memberikan penghargaan ini, Iconomics menjalankan riset kualitatif yang meliputi tiga tahapan yang mencakup identifikasi perusahaan dengan kegiatan CSR dalam setahun terakhir, media monitoring kegiatan CSR perusahaan Indonesia sejak Januari 2020, serta analisis kegiatan CSR perusahaan berdasarkan pendekatan sukarela.

Sesuai dengan kriteria penghargaan yang diterima, Telkomsel telah menjalankan berbagai inisiatif yang mendukung penanganan dampak pandemi COVID-19 di sektor kesehatan dan pendidikan, baik itu secara independen maupun melalui upaya kolaboratif.

Di sektor kesehatan, perusahaan ini telah memberikan ratusan ribu unit alat medis seperti ventilator, alat pelindung diri (APD), thermogun infrared, dan masker bagi rumah sakit penanganan COVID-19 di seluruh Indonesia. Telkomsel juga berinisiatif menghadirkan paket data khusus sebagai apresiasi bagi sekitar 10.000 tenaga medis dan relawan yang telah mengawal garis pertahanan terakhir penanganan COVID-19.

Telkomsel Covid © 2020 brilio.net

Sedangkan di sektor pendidikan, Telkomsel mendukung implementasi kegiatan belajar secara daring melalui inisiatif Merdeka Belajar Jarak Jauh (MBJJ) yang menghadirkan Kuota Belajar, Kartu Perdana MBJJ, dan Paket Ketengan Kuota Belajar.

Telkomsel juga turut memperkuat kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui inisiatif MBJJ dengan menghadirkan Paket Kuota Internet Pendidikan.

Pada masa awal penanganan COVID-19, Telkomsel juga sudah bergerak cepat dengan menggalakkan gerakan #DiRumahTerusMaju yang memberikan manfaat nyata bagi tenaga medis, pendidik, dan peserta didik melalui kegiatan donasi dan penyediaan paket data khusus.