Brilio.net - Baru-baru ini pemerintah menyampaikan melalui Kementerian Kesehatan akan menyediakan sistem informasi rawat inap (Siranap) bagi masyarakat. Sistem ini nantinya akan memudahkan masyarakat untuk mengecek informasi terkait keterisian tempat tidur untuk pasien Covid-19 maupun non Covid-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, sistem ini penting bagi masyarakat yang ingin mencari informasi tentang ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Agar tak harus mencari secara langsung, dana melakukan hanya sekali perjalanan.

"Ini perlu untuk masyarakat tahu rumah sakit mana yang mungkin masih memiliki tempat perawatan," katanya. seperti yang brilio.net lansir merdeka.com, Jumat (25/6).

Dia menjelaskan, seluruh masyarakat di 34 provinsi di Indonesia bisa menggunakan Siranap dan lansung mengecek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Namun, diakuinya masih ada beberapa rumah sakit yang belum melakukan update tempat tidur di sistem tersebut.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"Dari beberapa masih kurang update karena pengisiannya sangat tergantung dengan rumah itu untuk memasukkan secara real time," jelasnya.

Setelah brilio.net pantau secara langsung Siranap yang ada pada situs http://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/. Ada dua opsi yang tersedia, opsi pertama untuk mengecek keterisian tempat tidur pasien Covid-19. Sementara opsi kedua untuk mengetahui keterisian tempat tidur pasien non-Covid-19.

Untuk menggunakan laman Siranap, masyarakat bisa melakukan beberapa langkah:

1. Klik opsi pertama untuk mengecek tempat tidur pasien Covid-19. Atau klik opsi kedua untuk mengecek tempat tidur pasien non-Covid-19. Kemudian pilih provinsi, kota, lalu klik tombol cari.

2. Setelah muncul daftar rumah sakit, pilih sesuai lokasi yang diinginkan.

3. Akan muncul jumlah tempat tidur pada rumah sakit yang diinginkan. Pada laman tersebut, terlihat jumlah tempat tidur kosong dan tersedia.

Pada laman itu juga sudah tercantum alamat, nomor telepon, serta lokasi rumah sakit yang ditampilkan menggunakan Google Maps.

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR