Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Serius
Yusuf Harfi (brl/gib)

20 April 2019 17:47

Bawaslu DKI: Kami terima 160 laporan dugaan pelanggaran pemilu

Salah satu rekomendasi yang bisa saja diusulkan Bawaslu DKI yakni pemungutan suara ulang (PSU)..

Bawaslu DKI: Kami terima 160 laporan dugaan pelanggaran pemilu

View Image



Brilio.net - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta mengaku telah menerima sebanyak 160 laporan dugaan pelanggaran pemilu. Laporan tersebut berasal dari berbagai wilayah Ibu Kota yang terjadi pada hari pencoblosan 17 April hingga pascapemungutan suara.

"Kami menerima 160 laporan dugaan pelanggaran pada hari 'H' pencoblosan, dan pada tanggal 18 (April)," kata Ketua Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Puadi, seperti dikutip brilio.net dari Antara, Sabtu (20/4).

Menurut Puadi, jenis dugaan pelanggaran itu seperti surat suara yang habis, kekurangan surat suara, pengawas yang ingin mengawasi TPS tapi tidak diizinkan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), hingga laporan adanya politik uang.

"Ada juga KPPS meminta kepada pemilih menandatangani surat suara yang seharusnya ditandatangani ketua KPPS. Nah, ini sama pemilih," ujarnya.

Saat ini, Bawaslu DKI tengah mendalami serta mengkaji ratusan laporan dugaan pelanggaran tersebut. Apabila ditemukan pelanggaran administratif mau pun pidana Pemilu, Bawaslu akan memberikan rekomendasi tindaklanjut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

Loading...

Salah satu rekomendasi yang bisa saja diusulkan Bawaslu yakni pemungutan suara ulang (PSU). Menurutnya, terdapat 19 wilayah yang berpotensi melakukan PSU.

Ia mencontohkan, di TPS 121 Cakung, surat suara ditandatangani oleh pemilih. Padahal berdasarkan aturan, surat suara harus ditendatangani oleh ketua KPPS.

"Tapi di Cakung, ketua KPPS-nya memberikan kesempatan kepada pemilih (menandatangani surat suara), itu adalah potensi PSU. Ini potensi bukan rekomendasi ya," imbuh Puadi.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Pilpres 2019 Pemilu 2019 Bawaslu Komisi Pemilihan Umum KPU
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE