Brilio.net - Jakarta Mass Rapid Transit atau biasa disebut MRT yang baru saja diresmikan Maret kemarin langsung menjadi moda transportasi yang digemari masyarakat Jakarta. MRT menawarkan kecepatan menempuh perjalanan hanya dalam hitungan menit hingga jam. Selain itu MRT menawarkan kenyamanan di dalam gerbong MRT atau stasiunnya.

Salah satu upaya menjaga kenyamanan saat di dalam gerbong MRT ialah dibuat aturan untuk tidak buang sampah sembarangan. Selain itu penumpang dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Tujuannya agar tidak MRT tetap bersih dan gerbong MRT fresh.

Namun saat Ramadan 2019 ini MRT membuat kebijakan khusus mengenai aturan makan dan minum. Melalui akun Instagram @mrtjkt, pengelola MRT Jakarta membolehkan penumpang makan dan minum saat buka puasa. Hanya saja dibatasi boleh makan dan minum air putih dan kurma.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selama bulan Ramadhan PT MRT Jakarta memperbolehkan membatalkan puasa saat azan maghrib hanya dengan minum air putih dan makan kurma di dalam kereta. . Namun dihimbau dengan tegas untuk tetap menjaga kebersihan Ratangga (Kereta MRT Jakarta) dan Stasiun MRT Jakarta dengan tidak membuang sampah sembarangan . Harap memperhatikan aturan yang berlaku selama bulan Ramadhan, dan segala bentuk pelanggaran akan ditindak tegas. Semua demi kenyamanan seluruh Pengguna MRT Jakarta #MRTJakarta #UbahJakarta

A post shared by MRT Jakarta (@mrtjkt) on

"Selama bulan Ramadhan PT MRT Jakarta memperbolehkan membatalkan puasa saat azan maghrib hanya dengan minum air putih dan makan kurma di dalam kereta.

Loading...

Namun dihimbau dengan tegas untuk tetap menjaga kebersihan Ratangga (Kereta MRT Jakarta) dan Stasiun MRT Jakarta dengan tidak membuang sampah sembarangan

Harap memperhatikan aturan yang berlaku selama bulan Ramadhan, dan segala bentuk pelanggaran akan ditindak tegas. Semua demi kenyamanan seluruh Pengguna MRT Jakarta" tulis akun Instagram @mrtjkt seperti dikutip brilio.net, Selasa (7/5).

Makanan berat seperti nasi dan lauk-pauk tidak diizinkan dimakan di dalam gerbong MRT. Pun dengan makanan siap saji, tidak diizinkan di makan di dalam gerbong MRT. Untuk minuman hanya boleh air putih, selain air putih seperti soda, teh dan kopi tidak boleh diminum di MRT.

Kebijakan ini mendapat beragam respon dari warganet. berikut komentar warganet dilansir Brilio.net dari berbagai sumber.

"Saran daripada ditindak tegas, mending setiap stasiun di beri tajil gratis pas jam2 mau buka gitu hehehe," tulis akun Instagram @farhanpraw.

"Cuma kurma sama air putih mana kenyang min, nasi Padang boleh dong asal menjaga kebersihan, bungkus nasi di buang di tempat nya," kata akun Instagram @cinta_penggemar.

"Kalau Roti Misalnya Min?, Masalahnya Biji Kurmanya Ngantonginnya Itu," ujar akun Instagram @kemasadri.

RECOMMENDED BY EDITOR