Brilio.net - Sejak 2013, Ganjar Pranowo menggelar lomba jurnalistik bagi para wartawan. Setiap tahun, semua wartawan baik cetak maupun elektronik di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah ditantang untuk membuat karya jurnalistik terbaik sesuai tema masing-masing.

Gubernur Jawa Tengah ini memiliki jurus jitu untuk mengevaluasi serta mengukur keberhasilan program kerjanya. Salah satunya dengan menggelar lomba jurnalistik rutin yang diikuti oleh seluruh wartawan di Jawa Tengah.

"Lomba jurnalistik ini saya lakukan untuk melihat sejauh mana program-program kami, apakah sudah membuat masyarakat sejahtera atau belum. Selain itu, lomba ini juga saya gunakan untuk mempromosikan desa wisata Jawa Tengah kepada masyarakat luas melalui pemberitaan media massa,” kata Ganjar saat memberikan hadiah kepada para pemenang lomba jurnalistik, Selasa (6/11) dilansir brilio.net dari Biro Umum Pemprov Jateng.

Pada tahun 2018 ini, Ganjar kembali menggelar lomba jurnalistik dengan tema Geliat Desa Wisata di Jateng Untuk Dongkrak Perekonomian Masyarakat. Lomba itu digelar untuk melihat seperti apa program desa wisata yang ada di Jawa Tengah dan dampaknya bagi masyarakat.

Ratusan karya jurnalistik dari wartawan di Jawa Tengah ikut meramaikan lomba yang dibagi dalam kategori wartawan foto, radio, televisi dan tulis berhadiah total Rp31 juta perkategori itu. Setelah melalui proses seleksi dari dewan juri, akhirnya pada Selasa (6/11) diumumkan sejumlah pemenangnya.

Salah satu karya jurnalis brilio.net, Fefy Dwi Haryanto keluar sebagai salah satu karya jurnalistik yang mendapatkan apresiasi dan penghargaan. Liputan berjudul 'Mengangkat perekonomian lewat destinasi wisata kuliner jadul dan ndeso' keluar sebagai Juara Harapan III kategori wartawan tulis (cetak dan online).

Dalam lomba jurnalistik Provinsi Jawa Tengah 2018 ini tercatat sebanyak 24 jurnalis yang mendapatkan penghargaan. Untuk kategori berita tulis, juara pertama diraih oleh Eko Sutopo dari media Magelang Ekspress, juara kedua diraih oleh Raditia Yoni Ariya dari Suaramerdeka.com dan Novia Rochmawati dari Radar Pekalongan mendapatkan juara ketiga.

Kategori lomba fotografi, juara pertama diraih oleh Simon Dodit Yogo Pitoyo dari Suara Merdeka, juara kedua disabet Gholib dari Liputan6.com dan Anis Efizudin dari Antara Jateng sebagai juara ketiga.

Pemenang dalam kategori radio, juara pertama diraih oleh Supriyanto Wasdi dari RRI Purwokerto, Aries Budi dari Radio Idola dan Sri Wuryani dari RRI Purwokerto sebagai juara kedua dan ketiga.

Terakhir, untuk kategori berita televisi, juara pertama diraih oleh Wisnu Wardhana dari MNC TV, juara kedua dirahi oleh Widodo Setiawan dari NET Jateng dan juara ketiga diraih oleh Firman Eko Handy dari Antara TV.