Brilio.net - Mendapat pekerjaan untuk pertama kalinya bagaikan memasuki dunia baru bagi kaum first jobber. Hal ini tentu jadi pengalaman tak terlupakan.

Apalagi jika mendapat pekerjaan sesuai passion dan impian. Rasanya, semangat untuk belajar hal baru dan mendapatkan penghasilan sendiri pun langsung meningkat drastis.

Namun, disadari atau tidak, mendapat pekerjaan untuk pertama kali memerlukan adaptasi dengan beberapa hal baru. Salah satunya adalah bagaimana mengelola gaji pertama dan keuangan secara mandiri.

Alokasi gaji yang seimbang menjadi hal penting agar bisa memanfaatkan hasil jerih payah dengan bijaksana dan tidak boros. Mengelola gaji pertama dengan tepat ada rahasianya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Apa saja itu? Berikut 5 rahasia atur alokasi gaji bulanan bagi first jobber yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (23/10).

1. Berikan kepada orang tua sebagai ucapan terima kasih.

alokasi gaji first jobber © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Ketika menerima gaji pertama, jangan lupa berikan kepada orang tua. Mereka adalah orang yang telah mendukung dan memberikan pembekalan sejak dari kecil hingga kamu masuk dunia kerja.

Meski jumlahnya tidak besar, mengalokasikan sebagian dari gaji pertama akan menjadi hal yang sangat berarti bagi orang tua. Alokasi ini pun bisa menjadi bentuk ucapan terima kasihmu kepada orang tua.

2. Sisihkan untuk investasi.

alokasi gaji first jobber © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jangan mudah terlena dengan gaji pertama yang kamu terima. Sisihkan sebagian untuk investasi agar keuangan pada hari tua terjamin. Semakin dini kamu berinvestasi, tabungan di masa depan pun semakin banyak.

Kamu bisa memilih untuk berinvestasi di reksadana, saham, atau asuransi. Terlebih, kini sudah banyak platform yang bisa menjadi pilihan untuk investasi.

3. Berbagi makanan dan minuman favorit sebagai ucapan syukur.

alokasi gaji first jobber © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kaum first jobber pasti sudah sering dengar kalimat "traktiran gaji pertama dong!" yang biasa dilontarkan keluarga atau teman. Sebagai bentuk ucapan syukur, tidak ada salahnya menyisihkan gaji pertama untuk membeli makanan dan minuman favorit keluarga atau teman.

Selain pada keluarga atau kerabat, kamu juga bisa memberi sedekah atau donasi seperti kepada anak yatim dan pegawai sosial. Jangan khawatir bakal boros, manfaatkan promo-promo yang diberikan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay.

Saat ini, ShopeePay sedang menggelar kampanye ShopeePay Day dan Shopee Mantul Sale, di mana kamu bisa memanfaatkan promo voucher cashback atau diskon 100%. Promo ini bisa digunakan di ratusan merchant makanan dan minuman yang berpartisipasi. Seperti Auntie Anne’s, Penyetan Cok, Sour Sally, Janji Jiwa, dan lain sebagainya.

4. Sisihkan untuk dana darurat.

alokasi gaji first jobber © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Mengalokasikan gaji pertama untuk dana darurat juga tidak kalah penting. Dengan begitu, kamu akan memiliki persiapan untuk hal yang tak terduga pada masa depan.

Dana darurat bisa dianggap sebagai pertolongan pertama ketika ada hal mendesak yang harus kamu tanggung seperti sakit atau musibah. Ketika kamu sakit, dana yang disisihkan dapat dimanfaatkan untuk konsultasi kesehatan secara tatap muka atau online melalui aplikasi telemedicine seperti Alodokter. Ada baiknya menyisihkan sekitar 10 persen dari total pendapatan untuk dana darurat.

5. Berikan apresiasi untuk diri sendiri.

alokasi gaji first jobber © 2021 berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Apresiasi diri merupakan hal yang penting untuk menjaga stabilitas emosi. Untuk itu, kamu berhak mengalokasikan gaji pertama untuk mengapresiasi diri. Ada beberapa cara untuk melakukan self-reward, seperti bermain games, belanja, jajan, merawat diri, atau memasak makanan favorit.

Buat para cewek, percantik diri dengan memesan paket perawatan dari Houzcall, Mizulife, Goban Cosmetics, Armando Caruso dan Aurum Lab. Sementara untuk para gamers, kamu bisa membeli voucher dan item dengan lebih hemat di Garuda Voucher, Lakupon, Upoint.

Jangan khawatir gaji pertama langsung habis, manfaatkan promo dari ShopeePay biar self-reward jadi lebih hemat. Berlangsung dari 22-24 Oktober 2021, kampanye ShopeePay Day punya banyak promo seperti Flash Sale Rp 1, ShopeePay Serba Rp 10, dan ShopeeFood Diskon 75%.

Selain itu, kamu juga bisa manfaatkan promo gajian pada kampanye Shopee Mantul Sale yang berlangsung dari 25-27 Oktober 2021. Pada kampanye ini, kamu bisa menikmati keuntungan dari promo ShopeePay Deals Rp 1, Gratis Ongkir Rp 0, dan Flash Sale Rp 11.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo-promo ShopeePay Day dapat dilihat di sini. Sedangkan untuk Shopee Mantul Sale, kamu bisa mendapatkan informasi lainnya di sini.

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR