Brilio.net - Semasa hidupnya, Glenn Fredly tak hanya dikenal sebagai musisi yang selalu melantunkan lagu-lagu indah, tapi juga menjadi orang yang penting dalam kemajuan musisi lokal, khususnya di kota kelahirannya, Ambon. Ia sempat menjadi salah satu musisi yang memperjuangkan kota Ambon sebagai kota musik dunia.

Perjuangan Glenn untuk musik Indonesia dan tanah kelahirannya pun masih diingat betul oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Sampai akhirnya UNESCO menetapkan Ambon sebagai kota musik, menurut Richard hal tersebut tak terlepas dari peran penting Glenn Fredly.

"Indonesia bersyukur dan berterima kasih pada zamannya ada sosok Glenn Fredly di negeri ini. Dia berjuang unuk Ambon, menjustifikasi agar dunia memberikan penghargaan musik dunia untuk wilayah ini," kata Richard Louhenapessy dalam conference call bertajuk 'Jejak Musikalitas Glenn Fredly Untuk Negeri', seperti dikutip brilio.net dari Fimela.com, Rabu (15/4).

Glenn Fredly meninggal dunia © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@fndkbl-

Loading...

Menurut Richard, Glenn juga menjadi musisi yang sangat menginspirasi hingga akhir hayatnya. Jarang sekali ada musisi yang memiliki kepedulian tinggi seperti Glenn.

"Glenn Fredly juga bertindak sebagai inspirator dalam menggerakkan apapun. Dalam sisi lain, dia juga inisiator, menggerakkan masyarakatnya tanpa lihat suku, ras, dan agama. Pada satu sisi dia juga komunikator, juga katalisator yang menyatukan semuanya," lanjutnya kemudian.

Lebih lanjut, Richard juga menambahkan jika sosok Glenn Fredly sudah menjadi ikon kota Ambon. Hampir semua pihak yang diajak berkomunikasi tentang Ambon kota musik, sudah pasti menyebut nama Glenn Fredly dalam pembahasannya.

"Glenn akan menjadi ikon kita untuk meyakinkan Ambon city of music. Saya bertemu Menteri Dalam Negeri, KASAD, semuanya bertanya Glenn ketika menceritakan soal Ambon kota musik," tuturnya.

Dan atas besarnya jasa Glenn mengangkat citra kota Ambon di kancah nasional, bahkan internasional, Richard sebagai wali kota pun berencana untuk membuat sesuatu untuk mengenang Glenn sebagai pahlawan musik dari Ambon. Sedianya, ia berencana untuk membuat museum di kota Ambon untuk mengenang sosok Glenn Fredly sebagai musisi Indonesia terbaik.

"Glenn boleh pergi, tapi Glenn-Glenn yang lain akan muncul di kota ini. Kita juga mempertimbangkan obsesi membuat museum musik atau Museum Glenn Fredly," pungkasnya.

RECOMMENDED BY EDITOR