Brilio.net - Kabar mengembirakan datang dari sebuah laboratorium di Amerika Serikat, di mana telah resmi meluncurkan sebuah alat tes yang dapat mengetahui seseorang terinsfeksi virus Corona atau tidak, hanya dengan sebuah alat berukuran mini. Yang lebih mengagetkan lagi, hasil tes bisa diketahui dalam waktu 5 menit.

Dilansir brilio.net dari bloomberg.com, Sabtu (28/3) Alat tes ini merupakan terobosan dari Abbot Laboratories. Menurut John Frels, selaku wakil presiden penelitian dan pengembangan Abbot Diagnostic, dalam waktu dekat, pada tanggal 1 April akan mulai disalurkan 50.000 alat tes.

Frels menambahkan, alat ini akan sangat membantu para dokter dan perawat di lapangan. "Ini benar-benar akan memberikan peluang luar biasa bagi mereka yang harus mendiagnosis banyak infeksi. Sebuah klinik akan dapat mendapatkan hasil tes dengan cepat," imbuh Frels.

tes Corona 5 menit © 2020 brilio.net

foto: bloomberg.com

Loading...

Dalam pernyataan resmi Abbott Laboratories, karena alat tes virus Corona ini berukuran kecil, maka pengujian tak mesti dioperasikan di rumah sakit, bisa di mana saja. Dengan alat portabel ini, hasil pengetesan positif terinfeksi virus Corona bisa diketahui dalam 5 menit. Namun untuk hasil negatif bisa diketahui dalam 13 menit.

Minggu lalu, Abbot menyatakan telah mendapatkan izin dari U.S. Food and Drug Administration (FDA) menggunakan rumah sakit dan laboratorium molecular untuk mendiagnosa infeksi. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan tes virus Corona (COVID-19) hingga satu juta dalam satu minggu. Bahkan Abbot menargetkan 5 juta tes dalam waktu satu bulan.

Sejalan dengan Abbot Laboratories, pihak berwenang AS saat ini juga tengah menggalakkan tes massal demi mendeteksi penyebaran virus Corona. Tindakan ini diambil lantaran melonjaknya korban virus Corona di sebagian wilayah, seperti New York, California hingga Washington.

RECOMMENDED BY EDITOR