Brilio.net - Pemerintah hingga kini tak pernah mengungkap rumah sakit mana saja yang merawat pasien positif virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Sejauh ini, RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan saja yang baru diungkap sebagai lokasi isolasi pasien positif Corona diisolasi.

"Soal rumah sakit, ini etika yang kita lakukan. Karena banyak sekali RS tidak didatangi orang, karena di situ merawat (pasien) Covid," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, seperti brilio.net kutip dari liputan6.com, Jumat (13/3).

Dia menjelaskan bahwa RSPI Sulianto Saroso dan RS Persahabatan merupakan rumah sakit yang ditunjuk untuk menangani pasien virus Corona. Hal itu pun telah diketahui masyarakat sehingga tak ada kekhawatiran pemerintah menyebut nama rumah sakitnya.

"Tetapi kalau RS Swasta yang saya sebut bahwa di situ merawat pasien Covid-19, maka pasien langganannya enggak akan ada yang datang. Oleh karena itu ini sesuatu yang etis saja, tidak usah dipermasalahkan," jelas Yurianto.

Dia mengatakan tidak ada rumah sakit yang bersedia disebut sebagai tempat yang mengisolasi pasien positif Corona. Pemerintah pun memahami hal tersebut.

Loading...

"Kalau RS-nya mengatakan, 'tolong RS saya disebut supaya terkenal saya sebut (enggak apa-apa)'. Masalahnya enggak ada yang mau (disebut), 'Pak RS saya jangan disebut Pak," tuturnya.

"Kalau (RSPI) Sulianti Saroso, ngomong enggak ngomong saya sebut karena memang dia diciptakan untuk itu," sambung Yurianto. 

RECOMMENDED BY EDITOR