Brilio.net - Adik dari presiden keempat Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, yakni KH Hasyim Wahid meninggal dunia pada pagi hari tadi sekitar pukul 04.18 WIB, Sabtu (1/8). Belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya sosok akrab disapa Gus Im tersebut.

Kabar duka disampaikan oleh mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melalui akun Twitter pribadinya.

"MOHON DOA: Innalillahi wainnailaihi roji'un. Telah wafat Hasyim Wahid (Gus Iim) bin Abdul Wahid Hasyim pada: Sabtu, 1 Agustus 2020 Pukul 04.18 WIB. Lahu al-faatihah..," tulis Lukman, Sabtu (1/8).

Rencananya jenazah Gus Im akan dimakamkan di Jombang. Sebagaimana disampaikan putra almarhum Gus Sholah, Irfan Wahid melalui akun Twitternya @ipangwahid.

"Rencana Pemakaman Gus Iim

10.00 Jenazah tiba di Ciganjur, disemayamkan terlebih dahulu di Rumah Gus Yai, di Ciganjur. Sholat Jenazah oleh keluarga.

12.30 jalan darat ke Jombang

21.00 Diperkirakan Jenazah tiba di Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang

22.00 Pemakaman.

— irfan wahid (@ipangwahid)"

Semasa hidupnya, Gus Im dikenal aktif dalam berbagai organisasi. Ia juga memiliki pengalaman di bidang pemerintahan sebagai salah satu pejabat di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Ia juga pernah menjadi salah satu anggota dan pengurus dari PDI Perjuangan dan anggota YKPK (Yayasan Keluarga Pembina Kesatuan). Diketahui dari akun @nahdlatululama Twitter, ia merupakan Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2015-2020.

RECOMMENDED BY EDITOR