Brilio.net -  Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 SR. Gempa bumi tersebut terjadi pukul 05.03 WIB, dengan pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT.   Gempa tersebut terjadi di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Berdasarkan informasi yang diterima brilio.net, guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, BMKG Moch riyadi mengatakan, seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser.

Riyadi bilang, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. "Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut," kata Riyadi, dalam siaran pers yang diterima brilio.net, Rabu (7/12).

Hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pukul 5.30 WIB sudah terjadi gempa bumi susulan sebanyak lima kali dengan kekuatan terbesar 4,8 Sr.  Riyadi menambahkan, sangat kecil kemungkinan terjadi gempa susulan. Riyadi juga meminta masyarakat agar tetap tenang.

"Ikuti arahan BPBA setempat dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Riyadi.

Gempa bumi tersebut langsung menjadi perhatian netizen di media sosial. Di Twitter, Aceh langsung menjadi trending topic di Indonesia. Banyak netizen mendoakan agar Aceh tetap aman. Berikut beberapa kicauan netizen seputar gempa Aceh.

1. Kicauan Ketua MPR Indonesia.

Gempa Aceh 1-7 © 2016 brilio.net

 

2. Doa mengalir dari berbagai pihak.

Gempa Aceh 1-7 © 2016 brilio.net

 

3. Ucapan turut berduka untuk Aceh mewarnai Timeline.

Gempa Aceh 1-7 © 2016 brilio.net

 

4. Mario Teguh turut berkicau seputar gempa Aceh.

Gempa Aceh 1-7 © 2016 brilio.net

 

5. Semoga tak ada gempa susulan.

Gempa Aceh 1-7 © 2016 brilio.net

 

6. Penyanyi Fatin juga ikut mendoakan.

Gempa Aceh 1-7 © 2016 brilio.net

 

7. Amin!

Gempa Aceh 1-7 © 2016 brilio.net