Brilio.net - Maraknya Virus Corona atau COVID-19 membuat banyak orang khawatir dan terus ingin mengetahui informasi mengenai penyebaran virus mematikan itu. Apalagi kini sebagian orang sudah mengurangi aktivitas di luar rumah, sehingga informasi hanya bisa dipantau melalui televisi atau gadget mereka.

Seperti yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Virus Corona kini menjadi pandemi global. Melihat penyebarannya yang cukup cepat, membuat pemerintah maupun organisasi mencari cara agar masyarakat bisa lebih waspada terhadap wabah satu ini.

Selain menerapkan social distancing, hal lainnya juga diberikan kepada masyarakat, yakni berupa wadah informasi. Masyarakat diimbau untuk selalu melihat perkembangan informasi di berbagai situs terpercaya tentang persebaran Corona. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (19/3), berikut 9 situs akurat untuk memantau penyebaran Corona terutama di Indonesia.

1. Situs Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Loading...

Kamu bisa mengakses situs resmi milik Pemprov DKI Jakarta untuk memantau perkembangan Virus Corona. Dalam situs ini kamu bisa melihat peta penyebaran Virus Corona di DKI Jakarta, bahkan informasi tentang lokasi mereka yang positif COVID-19 dan mereka yang menunggu hasil tes.

Temukan informasinya di sini.

2. Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga meluncurkan situs peta sebaran Virus Corona. Kamu bisa mengaksesnya di situs ini.

Selain memberikan informasi terbaru terkait kasus COVID-19, kamu juga bisa menanyakan hal-hal umum terkait kasus ini pada nomor petugas customer service (CS) yang telah disertakan.

3. Situs WHO.

Tak hanya di dalam negeri saja, kamu juga bisa memantau perkembangan kasus Virus Corona secara global melalui situs resmi milik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dalam situs ini menyediakan grafik khusus Virus Corona setiap harinya dengan informasi terbaru. Keuntungannya, kamu bisa memantau perkembangan Corona di negara lainnya selain Indonesia.

Cek situs WHO di sini.

4. Situs Microsoft.

Microsoft juga menyediakan situs pemantau perkembangan Virus Corona secara global. Untuk mengakses informasi ini, kamu bisa mengunjungi situs ini. Beberapa informasi yang tertera di dalamnya sebagian dari ambil dari situs resmi seperti WHO, CDC, Badan Kesehatan Eropa ECDC dan beberapa situs lainnya.

5. Situs CDC.

Kamu juga bisa mengakses penyebaran Virus Corona melalui situs milik Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Klik di sini dan kamu bisa menemukan informasi terbaru secara akurat soal perkembangan terbaru Corona.

6. Situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga memiliki situs resmi untuk memantau perkembangan informasi terkini terkait Virus Corona. Kamu bisa mengaksesnya di sini. Situs ini memberikan informasi terkait penyebaran Virus Corona di kota-kota seluruh Indonesia.

7. Situs Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Jika kamu tinggal di kawasan Jawa Tengah, kamu bisa meng-update informasi mengenai Virus Corona di situs ini. Kamu bisa melihat berapa total ODP, pasien yang masih dirawat dan kematian karena Corona.

8. Situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga memiliki situs pemantau perkembangan Virus Corona di situs ini. Situs ini dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan Virus Corona, yang terdiri dari Badan PBB (UNICEF, WHO, dll), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil dan dunia usaha.

9. Situs New York Times.

New York Times merupakan media yang juga memberikan informasi mengenai perkembangan Virus Corona secara global. Kamu bisa mengaksesnya di situs ini.

RECOMMENDED BY EDITOR