Brilio.net - Gunung Semeru kembali erupsi pada Minggu (4/12) sejak pukul 02.46 WIB. Warga, khususnya di sekitar Gunung Semeru diminta menjauh dan mengevakuasi diri karena adanya Awan Panas Guguran (APG) yang terus turun ke kaki gunung.

Akibat erupsi Gunung Semeru, sebanyak 2219 jiwa Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengungsi yang tersebar di 12 titik lokasi yang disiapkan. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam laman akun Instagram pribadinya.

"Saat ini setidaknya ada dua belas titik pengungsian dengan jumlah pengungsi 2219 jiwa (sedang proses pendataan). Koneksitas Lumajang - Malang kembali terhenti. Jembatan Gladak Perak belum bisa difungsikan. Jembatan Kali Kajar yang tiga bulan lalu saya resmikan juga terendam lahar dingin," tulisnya, dikutip brilio.net dari Instagram @khofifah.ip, Senin (5/12).

Para warga yang khususnya tinggal dan bermukim di sekitar Gunung Semeru diminta untuk segera menjauh dan mengevakuasi diri. Imbas dari erupsi Gunung Semeru menyebabkan sejumlah rumah warga terendam abu vulkanik dan lahar. Bahkan tak sedikit warga yang mengunggah video dan foto-foto di platform media sosial yang menunjukkan dampak erupsi.

Berikut brilio.net rangkum dari sumber TikTok @_yakuza96 pada Senin (5/12), potret dampak erupsi Gunung Semeru.