Brilio.net - Dunia sains dan teknologi selama ini dianggap njlimet. Bikin pusing. Padahal di era modern seperti sekarang, kita nggak bakal bisa lepas dari sains dan teknologi lho.

Terlebih bagi masyarakat perkotaan. Nah, kamu tahu nggak jika Jakarta sebagai salah satu smart city di Indonesia sudah menerapkan teknologi dalam kesehariannya.

Hutata © 2017 brilio.net

Boleh jadi banyak dari kita bertanya-tanya, teknologi apa saja yang sudah diterapkan Jakarta sebagai ibukota negara. Nah jika kamu masih penasaran, simak deh video kerjasama antara brilio.net dan channel Hutata (Hujan Tanda Tanya) bertajuk “Seberapa Pintar Jakarta Smart City? (Brilio X Hujan Tanda Tanya)”.

Oh ya, sekadar informasi nih. Channel Hutata itu dikelola sekelompok pemuda diaspora yang bertujuan meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia kepada sains dan teknologi.

Hutata © 2017 brilio.net

Tentu saja, sajiannya dikemas secara ringan lho. Yang jelas sih, setelah menonton channel ini kepala kamu bakal dipenuhi jutaan pertanyaan yang membuat kamu selalu berada dalam Hujan Tanda Tanya.

Nah baru-baru ini, crew Hutata mengunjungi Jakarta Smart City Lounge, tempat di mana kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi diintegrasikan dengan internet of think untuk mengelola kota Jakarta menjadi lebih pintar.

Hutata © 2017 brilio.net

Dari sebuah ruang monitoring room, semua kegiatan di Jakarta bisa di pantau dari sebuah pusat kendali lho. Mulai dari urusan macet, banjir, hingga pedagang kaki lima. Tuh keren kan?

“Kalau ada aduan dari masyarakat bisa langsung kita pantau dari sini (monitoring room),” ujar Head of IT Development Jakarta Smart City Prasetyo Andy Wicaksono.  

Teknologi apa saja ya yang sudah diterapkan Jakarta sebagai smart city? Berikut 9 kecanggihan teknologi kota Jakarta yang bisa kamu simak dari channel Brilio Video Indonesia yang bekerjasama dengan channel Hutata.  

 

1. Aduan masyarakat

Hutata © 2017 brilio.net

Nah kalau ada aduan dari masyarakat bisa langsung dipantau progresnya. Jadi jangan khawatir aduan kamu dicuekin deh. Langsung direspons kok. Yang jelas aduan itu harus ada fotonya lho. No pic hoax.

 

2. Transportasi dan kemacetan

Hutata © 2017 brilio.net

Nah kamu bisa tahu soal moda transportasi seperti TransJakarta dan daerah kemacetan nih. Memang sih yang namanya macet sudah jadi makanan sehari-hari di Jakarta, ya nggak? 

 

3. Harga tanah

Hutata © 2017 brilio.net

Kamu juga bisa tahu lho harga tanah termahal dan termurah di Jakarta itu di daerah mana saja. Sekadar informasi nih, sekarang tanah di Jakarta yang paling mahal itu di Sudirman Central Business District (SCBD). Per meter perseginya mencapai Rp236 juta. Ya jika dibayangkan satu meter persegi itu setara satu pos satpam deh.

 

4. Indeks harga pangan

Hutata © 2017 brilio.net

Nah kamu bisa tahu tuh harga kebutuhan pokok setiap harinya. Tahu nggak sih jika inflasi harga komoditas itu ditentukan dua komoditas lho, bawang merah dan cabe merah. Bukan cabe-cabean ya.

 

5. Pantauan CCTV

Hutata © 2017 brilio.net

Saat ini terpasang 6.600 CCTV yang fungsinya untuk memantau segala aktivitas di Jakarta.

 

6. Lampu jalan

Hutata © 2017 brilio.net

Sekitar 9.000 lampu jalan konvensional di Jakarta saat ini sudah diganti dengan lampu LED yang bisa menghemat 50% penggunaan listrik. Tingkat keterangan lampu bisa disesuaikan dengan kondisi wilayah sekitar lho.

 

7. Polusi udara  

Hutata © 2017 brilio.net

Ini menjadi salah satu masalah di Jakarta. Saat ini ada 6 stasiun udara di Jakarta. Nah lewat teknologi ini kita bisa tahu kondisi udara di Jakarta.

 

8. Layanan kesehatan

Hutata © 2017 brilio.net

Teknologi ini memungkinkan kamu bisa tahu ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Nggak cuma itu, kamu juga bisa melacak keberadaan ambulans milik pemerintah daerah DKI Jakarta.

 

9. Pedagang kaki lima  

Hutata © 2017 brilio.net

Nah kamu pasti sudah tahu dong kalau Jakarta itu “surganya” pedagang kaki lima. Kamu bisa tahu soal data pedagang kaki lima di Jakarta

 

Nih simak deh videonya:

 

RECOMMENDED BY EDITOR