Brilio.net - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 telah dibuka pada hari ini, Rabu (26/9). Seluruh proses pendaftaran CPNS dilakukan secara terintegrasi melalui situs website resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), sscn.bkn.go.id.

Pendaftaran secara online untuk menjadi pegawai negeri sipil ini sudah dapat diakses sejak Rabu (26/9) pukul 00.01 WIB dini hari. Namun demikian, jadwal pembukaan pendaftaran CPNS ini tergantung pada setting masing-masing instansi melalui situs SSCN.

Setiap pelamar diwajibkan untuk mempersiapkan berbagai persyaratan dan memastikan telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Selain itu, pastikan juga instansi yang dipilih merupakan instansi yang formasinya telah diverifikasi BKN.

Nah dilansir dari akun Twitter @BKNgoid, Rabu (26/9), brilio.net sudah merangkum 8 hal yang perlu diperhatikan agar sukses saat daftar CPNS.

1. Jangan menggunakan ponsel agar koneksi internet stabil untuk keperluan pendaftaran.

biar sukses daftar CPNS © 2018 Twitter

Untuk melakukan pendaftaran, pihak BKN sendiri menghimbau para pelamar untuk tidak menggunakan smartphone dan lebih baik menggunakan PC atau laptop. Hal ini karena seringnya terjadi kesalahan input jika menggunakan smartphone.

 

2. Jangan tergesa-gesa, pendaftaran tidak hanya sehari.

biar sukses daftar CPNS © 2018 Twitter

Pastikan segala dokumen dan persyaratan sudah sesuai dengan ketentuan. Tidak perlu tergesa-gesa, karena pendaftaran CPNS tidak hanya sehari. Diperhatikan lagi semua data yang dimasukkan agar tidak terjadi kesalahan input data.

 

3. Jika sudah mengisi data namun terputus di tengah proses karena koneksi, maka tak perlu daftar lagi dan cukup login.

biar sukses daftar CPNS © 2018 Twitter

Sama seperti ketika bermain media sosial, jika sudah mendaftar dan membuat akun, cukup login ulang saja jika teroutus di tengah proses. Jangan panik ya...

 

4. Cek kelengkapan dokumen, termasuk akreditasi instansi perguruan tinggi (PT) atau sekolah menengah atas (SMA).

biar sukses daftar CPNS © 2018 Twitter

Cek lagi kelengkapan dokumen yang akan diinput, tidak terkecuali akreditasi instansi pendidikan terakhir yang akan kamu gunakan melamar CPNS.

 

5. Formasi yang dipilih harus sesuai dengan ijazah.

biar sukses daftar CPNS © 2018 Twitter

Pastikan formasi yang kamu pilih sudah sesuai dengan ijazah terakhir yang kamu miliki ya...

 

6. Instansi yang dapat dipilih adalah instansi yang formasinya telah diverifikasi BKN.

biar sukses daftar CPNS © 2018 Twitter

Instansi yang belum diverifikasi oleh BKN belum dapat dipilih oleh pelamar.Jika di SSCN belum mucul, berarti instansi tersebut belum menginput datanya. Pasalnya, setiap instansi pusat dan daerah menginput data formasinya sesuai dengan jadwalnya masing-masing.

7. Cek formasi dengan teliti.

 

Pada CPNS tahun 2018 ini ada formasi khusus baru yang berbeda dari CPNS sebelumnya, yaitu formasi khusus atlet berprestasi.

 

8. Jangan lupa lihat teliti lokasi dan instansi yang ingin dilamar.

Intinya jangan tergesa-gesa ya biar pendaftarannya lancar.