Brilio.net - Aksi unjuk rasa yang terjadi di Hong Kong menyita perhatian dunia. Aksi terakhir yang dilakukan para demonstran adalah menduduki Bandara Internasional Hong Kong pada Jumat (9/8/2019). Hal ini dilakukan demi mendapat dukungan publik global terkait isu penolakan RUU Ekstradisi yang sepanjang dua bulan terakhir terus disuarakan.

Para demonstran yang mayoritas berpakaian hitam berkumpul di ruang tunggu bandara untuk menyiarkan kebenaran. Mereka mendesak pembatalan UU Ekstradisi yang dianggap akan melumpuhkan kedaulatan Hong Kong.

Ribuan pengunjuk rasa memadati area Bandara Hong Kong, Senin (12/8), dan memaksa seluruh penerbangan yang tersisa pada hari itu untuk dibatalkan dan kedatangan dialihkan.

Menurut beberapa sumber, lebih dari 5.000 pengunjuk rasa dilaporkan berkumpul di gedung terminal penumpang di Bandara Internasional Hong Kong, setelah aksi serupa digelar selama tiga hari, sejak Jumat (9/8) pekan lalu.

Bagaimana suasana demo tersebut? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (13/8), berikut beberapa kumpulan potret demonstrasi di Hong Kong yang jadi sorotan dunia.

Loading...

1. Ribuan pengunjuk rasa menyuarakan aspirasi mereka terhadap pembatalan RUU Ekstradisi yang dianggap akan melumpuhkan kedaulatan Hong Kong.

 Potret demonstrasi di Hong Kong istimewa

foto: Twitter/@vernon_yuen

2. Bisa dilihat bagaimana ramainya masa memadati Bandara Internasional Hong Kong. Adanya demo ini sangat dikhawatirkan akan mengganggu penerbangan yang sudah terjadwal.

3. Kabarnya, pihak bandara telah mengizinkan para pengunjuk rasa untuk berkumpul di aula kedatangan, meski aksi tersebut tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

 Potret demonstrasi di Hong Kong istimewa

foto: Twitter/@TruthRaiderHQ

4. Aksi unjuk rasa yang sudah berlangsung sejak 9 Agustus itu bahkan sempat diwarnai kericuhan.

 Potret demonstrasi di Hong Kong istimewa

foto: Twitter/@ayanchiu

5. Menurut keterangan akun Twitter @epaphotos, para pengunjuk rasa berbaris melawan kekerasan polisi di Bandara Internasional Hong Kong Chek Lap Kok, Hong Kong, Cina, 13 Agustus 2019. Bahkan kabarnya jadwal penerbangan terganggu.

 Potret demonstrasi di Hong Kong istimewa

foto: Twitter/@epaphotos

6. Penolakan Revisi UU Ekstradisi ini memang sudah menjadi berita yang cukup ramai diperbincangkan. Revisi UU Ekstradisi sendiri bermula dari adanya kasus pembunuhan yang terjadi di Taiwan pada Februari 2018.

 Potret demonstrasi di Hong Kong istimewa

foto: Twitter/@Havard_Hughes

7. Beberapa masyarakat setempat mengunggah bagaimana ramainya pengunjuk rasa yang berada di Bandara Internasional Hong Kong.

RECOMMENDED BY EDITOR