Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Serius
Yani Andriansyah (brl/red)

06 Februari 2019 14:40

7 Benda ini dipredikisi bakal punah di masa depan, apa saja ya?

Gejalanya sudah mulai terjadi sekarang lho.

7 Benda ini dipredikisi bakal punah di masa depan, apa saja ya?

View Image



foto-foto: Brilio.net/Yani Andryansjah

Brilio.net - Boleh jadi anak muda (milenial) saat ini kebingungan ketika kakek nenek atau orang tua mereka menyebutkan barang-barang yang pernah mereka pakai di masa lalu. Ya misalnya saja walkman atau kaset.

Maklum, barang-barang tersebut saat ini sudah sulit ditemui atau mungkin juga sudah tak ada lagi. Padahal kedua benda tersebut pernah menjadi barang hits di zamannya. Kini fungsi kedua benda itu digantikan gadget. Mau mendengar musik tinggal buka smartphone. Nggak perlu bawa radio tape kan?   

Tapi, pernahkan milenial berpikir bahwa hal serupa juga akan mereka alami saat tua nanti. Barang-barang atau teknologi yang kini dianggap identik dengan mereka juga akan usang atau malah punah di masa mendatang.

Nah kira-kira apa saja ya barang-barang atau teknologi tersebut yang bakal punah itu? Berikut 7 barang dan teknologi yang diprediksi akan usang dan gejalanya sudah mulai terjadi lho.

1. Uang

Loading...

Barang Punah © 2019 brilio.net

Belakangan ini uang (kertas atau koin) sudah mulai jarang digunakan. Mungkin 10 atau 20 tahun lalu semua orang membutuhkannya untuk bertransaksi. Tapi sejak beberapa tahun lalu posisi alat tukar ini digantikan “uang palstik” alias kartu. Baik itu kartu debit ATM atau kartu kredit. Saat itu era cashless dimulai.

Namun, era kartu juga akan berakhir. Kini orang bisa bertransaksi dengan menggunakan gadget berkat sistem pembayaran yang dipelopori AndroidPay dan ApplePay. Kini kita bisa berbelanja dengan smartphone di saku atau jam tangan pintar di pergelangan tangan. Malah untuk bayar moda transportasi pun sudah menggunakan pola non tunai (cashless).  

2. Cokelat

Barang Punah © 2019 brilio.net

Tentu saja ini menjadi berita buruk bagi “pecandu” cokelat. Makanan lezat ini diperkirakan akan segera hilang karena faktor perubahan iklim. Seperti dikutip dari snopes.com, saat ini cokelat sudah dalam daftar komoditas yang bakal punah dalam 40 tahun mendatang.

Belakangan ini, sejumlah ilmuwan UC Berkeley Innovative Genomics Institute bekerjasama dengan perusahaan permen ternama dunia mulai menciptakan kakao yang dimodifikasi secara genetik dan tahan terhadap dampak perubahan iklim.

Menurut para ilmuwan perubahan iklim menghambat pertumbuhan tanaman kakao atau bahkan menyebabkan kepunahan. Saat ini produsen makanan berbasis cokelat sedang bekerja keras menciptakan makanan lain yang rasanya seperti cokelat asli.

3. Kacamata

Barang Punah © 2019 brilio.net

Hidup dengan kacamata minus adalah mimpi buruk, terutama ketika kamu datang ke bioskop 3D. Tapi baru-baru ini muncul penemuan implan mata dengan menanamkan lensa khusus pada mata untuk mengoreksi penglihatan.

Implan mata ini disebut-sebut dapat mengembalikan penglihatan orang yang mengalami gangguan. Implan pintar ini bisa memindai mata dan bekerja untuk memperbaiki semua masalah penglihatan tanpa rasa sakit. Lensa ini akan mudah diaplikasikan dan pasien tidak akan merasakannya di mata.

4. Daging

Barang Punah © 2019 brilio.net

Nah buat para carnivores (penggemar makanan berbahan hewani) mungkin tidak bisa membayangkan jika steak yang disantapnya bukan diambil dari bagian hewan. Tapi gejala ini sudah mulai terjadi di beberapa negara lho. Para ilmuwan meyakinkan bahwa dalam 30 tahun mendatang daging akan bersih dari restoran. Artinya, steak atau makanan dari daging bisa dibuat dengan bahan-bahan berbasis nabati. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan makanan tanpa harus menyembelih hewan. Terobosan ini sekarang terus dikembangkan.

5. Kertas

Barang Punah © 2019 brilio.net

Sobat Brilio tahu dong kalau bahan baku kertas diambil dengan cara menebang ribuan pohon. Tapi cara itu merupakan “mesin penghancur” terburuk yang pernah dilakukan manusia terhadap alam. Nah penggunaan kertas mulai berkurang setelah muncul Google Documents. Mungkin awalnya cara ini disebut konyol.

Bagaimana mungkin kontrak bisnis bisa dilakukan dengan Google Documents. Tapi kini hal itu bisa dilakukan berkat tanda tangan elektronik dan dokumen virtual. Cara ini merupakan langkah maju untuk menyingkirkan penggunaan kertas.

6. Kata sandi

Barang Punah © 2019 brilio.net

Nah untuk yang satu ini kita harus berterima kasih kepada inovasi Apple yang mengawali membuat terobosan fitur ID wajah yang kini banyak digunakan perangkat gadget. Teknologi ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan akses ke semua data pribadi yang kita simpan di gadget atau perangkat eletronik lainnya.

Bayangkan saja, di masa depan mungkin tidak akan ada lagi kata sandi yang disimpan dalam dokumen di desktop atau gadget. Sebab yang kamu butuhkan adalah menjaga wajah tetap oke di depan kamera selama beberapa detik. Tentu saja cara ini sangat mudah dan membantu Sobat Brilio yang suka lupa kata sandi.

7. Gula

Barang Punah © 2019 brilio.net

Kini sudah mulai banyak ditemui pemanis buatan rendah kalori sebagai pengganti gula. Diklaim pemanis buatan ini jauh lebih sehat. Rasanya super mirip dengan gula asli. Selain itu dinilai punya banyak manfaat dan praktis dibawa.

Malah diklaim pemanis buatan ini aman dikonsumsi penderita diabetes. Tapi ingat ya, yang dimaksud di sini adalah pemanis buatan rendah kalori. Karena banyak lho pemanis buatan tapi tidak rendah kalori.     

Jadi buat para milenial, mungkin saja barang-barang di atas nggak bakal kamu temukan lagi saat kamu sudah tua.  

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Kepunahan Merawat Barang Barang Kuno Gula Uang kuno
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE